Cara Melihat Siapa yang Berhenti Mengikuti Anda di Instagram

Ada 2 cara yang bisa Anda coba untuk mengetahui siapa yang telah berhenti mengikuti Anda di Instagram. Pertama dengan menggunakan cara manual dan kedua dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Follow Meter atau Followers – Tracker Insight.

Jika Anda memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga, perlu diingat bahwa aplikasi seperti ini hanya melacak penambahan atau pengurangan pengikut yang terjadi setelah Anda menginstal dan masuk (login) ke akun Instagram Anda melalui aplikasi tersebut.

Dengan kata lain, aplikasi tidak dapat menampilkan informasi tentang siapa yang telah berhenti mengikuti Anda sebelum Anda menggunakan aplikasi tersebut.

Langsung saja, berikut adalah 2 cara yang bisa Anda coba untuk mengetahui siapa yang telah berhenti mengikuti Anda di Instagram.

Cara Manual

Ini adalah cara paling konvensional untuk mengetahui siapa yang telah berhenti mengikuti Anda di Instagram, yaitu dengan memantau jumlah pengikut Anda secara langsung.

Melihat Siapa Yang Berhenti Mengikuti Di Instagram Img 1

Jika Anda menyadari telah terjadi pengurangan pada jumlah pengikut, Anda dapat memeriksa daftar pengikut untuk mengetahui siapa yang telah berhenti mengikuti Anda.

Melihat Siapa Yang Berhenti Mengikuti Di Instagram Img 2

Cara ini tidak selalu mudah dan membutuhkan banyak waktu serta ketelitian, terutama jika Anda memiliki banyak pengikut dengan penambahan dan pengurangan jumlah pengikut yang sangat fluktuatif.

Banyak orang tidak akan menggunakan cara ini. Sebagai gantinya, mereka lebih memilih untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan layanan pelacakan pengikut.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Instagram cukup ketat dalam mengelola API mereka karena alasan privasi atau keamanan data/informasi pengguna.

Hal ini membuat para pengembang aplikasi pelacakan pihak ketiga memiliki akses data pengguna yang sangat terbatas di Instagram.

Jika Anda mencoba menggunakan aplikasi yang mengklaim dapat menampilkan informasi tentang siapa yang berhenti mengikuti Anda, tetapi ternyata aplikasi tersebut tidak bekerja, ini bisa diakibatkan oleh perubahan pada API Instagram.

Bagaimanapun, beberapa aplikasi pihak ketiga yang dikelola dengan baik masih dapat membantu Anda.

Berikut adalah 3 aplikasi pelacak pengikut yang masih berfungsi dengan baik dan dapat digunakan untuk mengetahui siapa yang telah berhenti mengikuti Anda di Instagram.

Follow Meter (Android & iOS)

Follow Meter adalah aplikasi yang dapat memberikan Anda insight atau wawasan tentang popularitas akun Instagram Anda, mereka yang berhenti mengikuti Anda, pengagum rahasia, dan ghost followers.

Follow Meter tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS. Namun, khusus Android, Follow Meter sudah tidak tersedia di Play Store. Sebagai gantinya, penulis akan menyertakan tautan untuk mengunduh Follow Meter di sumber lain.

Berikut bagaimana cara menggunakan Follow Meter untuk melihat siapa yang telah berhenti mengikuti Anda di Instagram.

  1. Instal aplikasi Follow Meter (Android | iOS).
  2. Setelah diinstal, buka aplikasinya.
  3. Masuk (login) menggunakan akun Instagram Anda.
  4. Setelah berhasil masuk (login), Anda akan langsung masuk ke dasbor yang menampilkan banyak informasi, seperti Pengikut Baru, Unfollowers atau mereka yang Berhenti Mengikuti Anda, mereka yang Anda Berhenti Ikuti, mereka yang tidak Mengikuti Anda Balik, dan mereka yang tidak Anda Ikuti Balik.
    Melihat Siapa Yang Berhenti Mengikuti Di Instagram Img 6
  5. Beberapa fitur, seperti Acitivty Meter, Ghost Followers, Blocked you, Secret admires, Top Likes, dan Top Commenters hanya tersedia jika Anda berlangganan paket berbayar.
    Melihat Siapa Yang Berhenti Mengikuti Di Instagram Img 7
  6. Untuk mengetahui siapa yang telah berhenti mengikuti Anda, secara berkala Anda perlu memuat ulang data akun Instagram Anda dengan cara mengetuk ikon panah melingkar di kanan atas.
    Melihat Siapa Yang Berhenti Mengikuti Di Instagram Img 8
  7. Jika seseorang telah berhenti mengikuti Anda, akan muncul semacam notifikasi pada bagian Unfollowers. Ketuk bagian tersebut untuk melihat siapa yang telah berhenti mengikuti Anda.
    Melihat Siapa Yang Berhenti Mengikuti Di Instagram Img 9

Followers – Tracker Insight (iOS)

Aplikasi Followers – Tracker Insight hanya tersedia bagi Anda pengguna perangkat iPhone atau perangkat dengan sistem operasi iOS.

Aplikasi ini bekerja dengan cara yang sama seperti aplikasi Follow Meter, yaitu melakukan pelacakan pengikut di akun Instagram Anda.

Meskipun tersedia dan dapat digunakan secara gratis, beberapa fitur memerlukan langganan paket berbayar untuk dapat digunakan.

Instal aplikasi Followers – Tracker Insight di App Store. Setelah diinstal, buka aplikasinya dan masuk (login) menggunakan akun Instagram Anda.

Aplikasi mungkin tidak akan langsung menampilkan informasi tentang siapa yang telah berhenti mengikuti Anda. Anda perlu memuat ulang data akun Anda secara berkala dengan mengetuk ikon panah melingkar di kanan atas.

Jika ada pengikut yang terdeteksi telah berhenti mengikuti Anda, Anda dapat melihat mereka pada menu Lost Followers.

Sebagai alternatif bagi Anda pengguna perangkat iOS, aplikasi Followers Tracker Pro menyediakan fungsi serupa. Aplikasi ini tersedia dan dapat digunakan secara gratis.

Follow Cop (Android)

Bagi Anda pengguna perangkat Android, Follow Cop bisa menjadi alternatif jika Anda kurang nyaman dengan aplikasi Follow Meter.

Follow Cop menawarkan beberapa fitur yang tidak akan Anda dapatkan di aplikasi Follow Meter, seperti dukungan multi-akun, tindakan unfollow masal, dan masih banyak lagi.

Sama seperti Follow Meter, Follow Cop tersedia dan dapat digunakan secara gartis. Namun, beberapa fitur hanya dapat digunakan jika Anda berlangganan paket berbayar.

Langsung saja, instal Follow Cop dan buka aplikasinya. Masuk (login) menggunakan akun Instagram Anda.

Untuk melihat siapa yang telah berhenti mengikuti Anda, ketuk bagian Recent Unfollowers. Sedikit catatan, Follow Cop hanya dapat menampilkan daftar akun yang berhenti mengikuti Anda baru-baru ini.

Melihat Siapa Yang Berhenti Mengikuti Di Instagram Img 14

Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa bagian Recent Unfollowers secara berkala.

Follow Cop juga memungkinkan Anda mengelola pengikut dengan lebih mudah dibandingkan aplikasi Instagram. Seperti yang telah disebutkan di atas, Follow Cop dapat membantu Anda melakukan tindakan berhenti mengikuti secara masal sampai 15 pengguna/akun sekaligus.

Baca Juga: