Cara Menghapus Riwayat Pencarian Produk di Tokopedia

Di Tokopedia, Riwayat Pencarian merupakan bagian dari data pengguna yang menyimpan aktivitas pencarian atau penelusuran produk, baik di situs web Tokopedia maupun aplikasi Tokopedia untuk perangkat seluler.

Menghapus Riwayat Pencarian di Tokopedia tidaklah sulit. Anda dapat menghapus Riwayat Pencarian produk kapan saja, baik secara individu (satu per satu) maupun secara masal (menghapus seluruhnya).

Sedikit catatan, Riwayat Pencarian hanya menyimpan aktivitas pencarian yang dilakukan di kotak pencarian utama. Riwayat Pencarian tidak menyimpan aktivitas saat Anda melakukan pencarian produk di sebuah toko atau store.

Cara Tokopedia Menyimpan Riwayat Pencarian Pengguna

Sama seperti kebanyakan layanan yang menyediakan fitur pencarian, termasuk Instagram, Facebook, Twitter, dan Google.

Tokopedia menyimpan Riwayat Pencarian pengguna bukan berdasarkan pada apa yang mereka ketikkan di kotak pencarian, melainkan pada apa yang mereka pilih dalam daftar saran pencarian.

Pengecualian berlaku untuk kata kunci pencarian yang langsung dieksekusi dengan menekan tombol Enter pada keyboard.

Saat Anda mengetikkan sesuatu di kotak pencarian dan muncul daftar saran pencarian, pada tahap ini Tokopedia tidak menyimpan aktivitas tersebut ke dalam Riwayat Pencarian.

Menghapus Riwayat Pencarian Produk Tokopedia Img 1

Riwayat Pencarian baru akan disimpan saat Anda menekan Enter atau memilih salah satu saran yang ditampilkan.

Pada contoh gambar di atas, saat penulis mengetikkan kata kunci pencarian celana muncul berbagai saran pencarian, seperti celana cino, celana, celana pendek pria, dan lain sebagainya.

Saran pencarian biasanya didasarkan pada kata kunci pencarian populer dan kebiasaan Anda dalam menelusuri serta mengunjungi produk-produk di Tokopedia.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Tokopedia

Tokopedia menyinkronkan Riwayat Pencarian pengguna di semua platform. Dalam hal ini, Riwayat Pencarian Anda di situs web Tokopedia akan disinkronkan dengan Riwayat Pencarian Anda di aplikasi Tokopedia.

Oleh karena itu, untuk memastikan tidak ada Riwayat Pencarian yang tersimpan, Anda hanya perlu menghapusnya di salah satu platform: situs web Tokopedia atau aplikasi Tokopedia untuk perangkat seluler.

Hapus Riwayat Pencarian Lewat Situs Web Tokopedia

  1. Kunjungi situs web Tokopedia. Pastikan Anda sudah masuk (login) ke akun Tokopedia Anda.
  2. Klik satu kali di dalam kotak pencarian tanpa mengetikkan apa pun.
    Menghapus Riwayat Pencarian Produk Tokopedia Img 2
  3. Riwayat Pencarian Anda akan langsung ditampilkan pada bagian Terakhir dicari. Jika Anda ingin menghapus Riwayat Pencarian secara individu (satu per satu), klik tanda X di samping kanan Riwayat Pencarian yang dimaksud.
    Menghapus Riwayat Pencarian Produk Tokopedia Img 3
  4. Jika Anda ingin menghapus Riwayat Pencarian secara masal atau menghapus seluruh Riwayat Pencarian yang ada, klik opsi Hapus Semua di bagian atas. Tindakan ini tidak memerlukan konfirmasi dan tidak dapat dibatalkan. Pastikan Anda sudah yakin ingin menghapus seluruh Riwayat Pencarian.
    Menghapus Riwayat Pencarian Produk Tokopedia Img 4

Hapus Riwayat Pencarian Lewat Aplikasi Tokopedia

Pada dasarnya, menghapus Riwayat Pencarian di aplikasi Tokopedia menggunakan prinsip yang sama seperti menghapus Riwayat Pencarian di situs web Tokopedia.

  1. Buka aplikasi Tokopedia.
  2. Ketuk kotak pencarian di bagian atas tanpa mengetikkan apa pun.
    Menghapus Riwayat Pencarian Produk Tokopedia Img 5
  3. Riwayat Pencarian Anda akan langsung ditampilkan pada bagian Terakhir dicari. Ketuk tombol Lihat Lebih Banyak untuk menampilkan lebih banyak Riwayat Pencarian Anda.
    Menghapus Riwayat Pencarian Produk Tokopedia Img 6
  4. Jika Anda ingin menghapus Riwayat Pencarian secara individu (satu per satu), ketuk tanda X di samping kanan Riwayat Pencarian yang dimaksud.
    Menghapus Riwayat Pencarian Produk Tokopedia Img 7
  5. Jika Anda ingin menghapus Riwayat Pencarian secara masal atau menghapus seluruh Riwayat Pencarian yang ada, ketuk opsi Hapus Semua di bagian atas. Sama seperti situs web Tokopedia, tindakan ini tidak memerlukan konfirmasi dan tidak dapat dibatalkan. Pastikan Anda sudah yakin ingin menghapus seluruh Riwayat Pencarian.
    Menghapus Riwayat Pencarian Produk Tokopedia Img 8

Baca Juga: