Cara Aktifkan Fitur Quick Pick di Aplikasi Livin’ by Mandiri

Fitur Quick Pick di aplikasi New Livin’ by Mandiri memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Mengaktifkan fitur Quick Pick bisa dilakukan langsung di layar masuk (login) atau melalui menu pengaturan di dalam aplikasi.

Apa Itu Fitur Quick Pick di New Livin’ by Mandiri

Pada tanggal 2 Oktober 2021, Bank Mandiri meluncurkan versi terbaru dari aplikasi Livin’ by Mandiri yang kemudian disebut sebagai New Livin’ by Mandiri.

New Livin’ by Mandiri (logo kuning) berbeda dengan aplikasi Livin’ by Mandiri (logo biru). Aplikasi yang dijuluki “super app” ini hadir dengan tampilan dan fitur baru, salah satunya adalah fitur Instant Access.

Instant Access adalah fitur yang memungkinkan nasabah melakukan berbagai macam transaksi dengan cepat tanpa perlu masuk (login) ke dalam aplikasi dengan total transaksi mencapai Rp2.000.000 per hari.

Instant Access bukanlah fitur yang berdiri sendiri. Instant Access terdiri dari 4 fitur lainnya, yaitu Intip Saldo, Tarik Tunai, Instant e-money, dan Quick Pick yang secara default dinonaktifkan.

Nasabah atau pengguna aplikasi New Livin’ by Mandiri perlu mengaktifkan fitur-fitur tersebut secara individu jika ingin menggunakannya. Lalu, apa itu Quick Pick?

Quick Pick adalah fitur akses transaksi instan yang memungkinkan pengguna menambahkan transaksi favorit mereka ke dalam menu Quick Pick dan mengaksesnya di satu tempat. Saat diaktifkan, menu Quick Pick akan muncul di halaman Beranda dan layar masuk (login).

Karena Quick Pick merupakan bagian dari Instant Access, seluruh transaksi yang ditambahkan ke menu Quick Pick dapat diakses langsung dari layar masuk (login) dan nasabah dapat melakukan transaksi tanpa perlu masuk (login) ke dalam aplikasi.

Perlu diingat, nasabah tidak dapat menambahkan transaksi baru ke dalam menu Quick Pick. Dengan kata lain, nasabah hanya dapat menambahkan transaksi yang sudah pernah dilakukan dan tercatat dalam daftar (riwayat) transaksi.

Jenis Transaksi yang Dapat Ditambahkan ke Menu Quick Pick

Saat ini, ada 3 jenis transaksi yang dapat ditambahkan ke menu Quick Pick, yaitu Transfer, Bayar, dan Top-up. Menu Transfer digunakan untuk menambahkan jenis transaksi transfer, baik ke sesama rekening Bank Mandiri maupun ke rekening Bank lain.

Menu Bayar digunakan untuk menambahkan jenis transaksi tagihan, seperti tagihan BPJS, listrik, air, internet, pajak, asuransi, dan sebagainya. Sedangkan menu Top-up digunakan untuk menambahkan jenis transaksi top-up, seperti pengisian saldo e-Wallet, token listrik, pulsa, dan paket data.

Beberapa Hal Tentang Quick Pick yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum mengaktifkan dan mulai menggunakannya, ketahui beberapa hal tentang fitur Quick Pick di aplikasi New Livin’ by Mandiri:

  1. Limit (batas) transaksi Quick Pick pada halaman login adalah maksimal Rp2.000.000 per hari termasuk transaksi e-money pada fitur Instant Top-up (jika ada). Jika Anda bertransaksi melebihi limit tersebut, Anda akan diminta untuk masuk (login) terlebih dahulu sebelum melanjutkan transaksi.
  2. Anda dapat menambahkan atau mendaftarkan sampai 9 transaksi ke dalam menu Quick Pick. Berlaku untuk semua jenis transaksi yang didukung.
  3. Penggunaan fitur Quick Pick dapat dikombinasikan dengan fitur transaksi tanpa PIN, diaktifkan secara terpisah melalui menu pengaturan di dalam aplikasi.
  4. Saat diaktifkan, Anda dapat memilih sumber rekening atau sumber dana, mengubah nominal transaksi pada saat akan melakukan transaksi, menghapus transaksi atau menambahkan transaksi baru.
  5. Anda dapat menonaktifkan fitur Quick Pick kapan saja melalui menu pengaturan di dalam aplikasi.

Cara Mengaktifkan Quick Pick di New Livin’ by Mandiri

Jika saat ini Anda masih menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri versi lama (logo biru), silakan beralih ke New Livin’ by Mandiri (logo kuning) terlebih dahulu. Lihat panduannya dalam artikel Cara Beralih dari Livin’ by Mandiri Lama ke yang Baru.

  1. Buka aplikasi New Livin’ by Mandiri.
  2. Anda dapat mengaktifkan Quick Pick langsung di layar masuk (login). Ketuk menu Quick Pick di bagian bawah tombol Login.
    Menu Quick Pick di Layar Login New Livin' by Mandiri
  3. Centang kotak persetujuan Syarat dan Ketentuan di bagian bawah. Anda akan diarahkan ke halaman Syarat dan Ketentuan. Disarankan untuk membacanya terlebih dahulu. Gulir turun halaman lalu ketuk tombol Saya Setuju.
  4. Anda akan kembali ke halaman sebelumnya, ketuk tombol Aktifkan Sekarang di bagian bawah, ketikkan password New Livin’ by Mandiri Anda lalu ketuk tombol Lanjutkan.
  5. Cara lain mengaktifkan Quick Pick adalah dengan masuk (login) ke dalam aplikasi terlebih dahulu kemudian pilih menu Pengaturan di kanan bawah halaman Beranda.
    Menu Pengaturan di Halaman Utama Aplikasi Livin' by Mandiri
  6. Pilih menu Instant Access.
    Apa Itu Instant Access Di Aplikasi Livin' By Mandiri Img 2
  7. Geser toggle di samping menu Quick Pick. Anda akan masuk ke halaman yang sama seperti langkah no 3 dan 4.
    Toggle Menu Quick Pick New Livin' by Mandiri
  8. Quick Pick akan aktif saat Anda menambahkan setidaknya satu transaksi ke dalam menu Quick Pick. Lanjut ke langkah Menambahkan Transaksi di bawah.

Cara Mengatur dan Menggunakan Quick Pick

Menambahkan Transaksi

  1. Di halaman Atur Quick Pick setelah berhasil mengaktifkan Quick Pick, Anda akan melihat 3 jenis transaksi yang dapat ditambahkan. Ketuk pada jenis transaksi yang ingin ditambahkan.
    Jenis Transaksi Quick Pick New Livin' by Mandiri
  2. Atur nominal untuk jenis transaksi Transfer dan Top-up. Nominal transaksi Bayar ditentukan saat akan melakukan transaksi. Anda akan diminta memasukkan PIN setiap kali menambahkan transaksi.
  3. Setelah berhasil menambahkan satu transaksi, ketuk Tambah Transaksi untuk menambahkan transaksi lainnya. Jika sudah, ketuk tombol Back di kiri atas untuk kembali ke halaman sebelumnya.
    Menu Tambah Transaksi di Halaman Atur Quick Pick New Livin' by Mandiri
  4. Ketuk tombol Aktifkan di bagian bawah lalu masukkan PIN New Livin’ by Mandiri Anda.
  5. Akan muncul pesan bahwa pengaturan berhasil disimpan. Ketuk Oke untuk mengonfirmasi.
    Pesan Pengaturan Quick Pick Berhasil Disimpan New Livin' by Mandiri

Mengakses Menu Quick Pick dan Melakukan Transaksi

  1. Untuk mengakses menu Quick Pick di layar masuk (login), ketuk menu Quick Pick di bagian bawah tombol Login.
    Menu Quick Pick di Layar Login New Livin' by Mandiri
  2. Daftar transaksi yang sudah ditambahkan ke menu Quick Pick akan ditampilkan. Ketuk pada transaksi jika Anda ingin melakukan transaksi.
    Daftar Transaksi yang Ditambahkan ke Menu Quick Pick New Livin' by Mandiri
  3. Di halaman Beranda aplikasi, daftar transaksi yang sudah ditambahkan ke menu Quick Pick akan ditampilkan di bagian atas. Anda dapat langsung melakukan transaksi pada bagian tersebut.
    Daftar Transaksi yang Ditambahkan ke Menu Quick Pick di Halaman Beranda New Livin' by Mandiri

Menghapus Transaksi dari Menu Quick Pick

Untuk menghapus transaksi dari menu Quick Pick, Anda harus masuk (login) terlebih dahulu ke dalam aplikasi.

  1. Buka kembali menu Pengaturan > Instant Access.
  2. Ketuk Atur di bagian bawah menu Quick Pick.
    Tombol Atur pada Menu Quick Pick New Livin' by Mandiri
  3. Di halaman Quick Pick, ketuk Atur di bagian kanan atas.
    Menu Atur di Halaman Quick Pick New Livin' by Mandiri
  4. Ketuk ikon berwarna merah di samping kiri transaksi yang ingin Anda hapus kemudian ketuk tombol Hapus untuk mengonfirmasi.
    Halaman Menghapus Transaksi dari Menu Quick Pick New Livin' by Mandiri
  5. Masukkan PIN New Livin’ by Mandiri Anda.
    Halaman Memasukkan PIN di Aplikasi Livin' by Mandiri

Cara Menonaktifkan Quick Pick

Menonaktifkan Quick Pick tidak akan menghapus atau menghilangkan daftar transaksi Quick Pick di halaman Beranda aplikasi. Sementara daftar transaksi Quick Pick di layar masuk (login) akan dihapus setelah Anda menonaktifkan fitur ini.

  1. Masuk (login) ke aplikasi New Livin’ by Mandiri.
  2. Buka kembali menu Pengaturan > Instant Access.
  3. Geser toggle di samping menu Quick Pick.
    Toggle di Samping Menu Quick Pick New Livin' by Mandiri
  4. Ketuk tombol Nonaktifkan.
    Tombol Nonaktifkan Fitur Quick Pick New Livin' by Mandiri

Baca Juga: