Cara Reset Pengaturan Jaringan di Android

Android adalah Sistem Operasi atau OS yang begitu banyak peminatnya sejak dulu hingga saat ini, dan banyak juga perangkat yang menggunakan OS tersebut.

Ada beragam kelebihan yang dimiliki oleh OS Android dibandingkan dengan OS lain.

Nah, di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara reset pengaturan jaringan di Android.

Pada saat Anda mengalami masalah pada jaringan atau konektivitas di ponsel Android, melakukan pengaturan ulang (reset) pengaturan jaringan mungkin akan membantu menyelesaikan masalah Anda.

Untuk mengetahui apa saja caranya, simak pembahasan ini hingga usai ya.

Apa yang Dimaksud Reset Jaringan?

Sebelum ke pembahasan utama mengenai cara reset pengaturan jaringan di Android, maka terlebih dahulu kita ketahui mengenai apa yang dimaksud dengan reset jaringan ya.

Baik sistem operasi iOS atau Android sebenarnya sudah menyediakan opsi untuk melakukan penyetelan ulang atau reset yang bisa membantu Anda untuk menyelesaikan sebagian masalah yang berkaitan dengan perangkat tanpa perlu melakukan format hp atau tablet.

Contohnya saja seperti mengatur ulang lokasi & privasi (iOS), melakukan pengaturan ulang preferensi Android, dan lain sebagainya.

Pengaturan standar yang sudah disediakan di iOS dan Android yaitu melakukan pengaturan ulang di jaringan, bisa dilakukan pada saat Anda mengalami masalah di jaringan wifi atau bluetooth (sinyal terus turun atau tidak tersambung ke jaringan).

Jadi reset jaringan itu sendiri merupakan melakukan pengembalian semua pengaturan yang berkaitan dengan jaringan ke kondisi semula.

Atau dapat dikatakan bahwa kinerja dan tampilannya layaknya perangkat baru pada saat Anda melakukan reset sepenuhnya (reset pabrik) di perangkat yang Anda gunakan.

Perlu Anda ketahui bahwa pengaturan ini akan sangat mempengaruhi beberapa hal seperti bluetooth, VPN, wifi, dan juga koneksi seluler Anda. Sehingga Anda harus melakukan pengaturannya lagi dari awal.

Reset Pengaturan Jaringan di Android

Tentunya untuk cara reset pengaturan jaringan di Android sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan ya.

Di bawah ini ada beberapa cara dalam mengatur ulang (reset) jaringan di OS Android yang dapat Anda terapkan:

Catatan: Lokasi serta penamaan menu untuk setiap ponsel Android bisa saja berbeda. Tutorial ini dipraktikkan menggunakan Android 7 dengan antarmuka default.

1. Fungsi Pencarian Menu

Selain mempercepat proses pencarian menu, dengan cara ini Anda dapat memeriksa apakah ponsel Anda memiliki menu untuk mengatur ulang jaringan atau tidak.

  1. Langkah pertama silakan buka Settings atau Pengaturan di perangkat hp Anda.
    Cara Reset Pengaturan Jaringan Di Android Img 1
  2. Ketuk ikon kaca pembesar atau ketuk pada bilah pencarian yang lokasinya ada di bagian atas.
    Cara Reset Pengaturan Jaringan Di Android Img 6
  3. Ketik Reset atau Atur Ulang lalu ketuk pada menu Network settings reset yang muncul dalam daftar.
    Cara Reset Pengaturan Jaringan Di Android Img 7

2. Antarmuka Default (Bawaan)

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Settings atau Pengaturan.
    Cara Reset Pengaturan Jaringan Di Android Img 1
  2. Ketuk menu More pada bagian Wireless & Networks.
    Cara Reset Pengaturan Jaringan Di Android Img 2
  3. Ketuk menu Network settings reset.
    Cara Reset Pengaturan Jaringan Di Android Img 3
  4. Ketuk tombol RESET SETTINGS yang ada di bagian bawah.
    Cara Reset Pengaturan Jaringan Di Android Img 4
  5. Kemudian langkah selanjutnya untuk cara reset pengaturan jaringan di Android yaitu Ketuk kembali tombol RESET SETTINGS untuk mengonfirmasi.
    Cara Reset Pengaturan Jaringan Di Android Img 5

3. Samsung

Untuk ponsel Samsung caranya sedikit berbeda, seperti dijelaskan di bawah ini:

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan.
  2. Ketuk menu General management.
  3. Ketuk menu Reset.
  4. Ketuk Reset network settings.
  5. Ketuk tombol Reset settings.
  6. Ketuk tombol Reset.

Apa yang Terjadi jika Me-reset Pengaturan Sistem?

Perlu diingat bahwa ada dampak di balik melakukan reset di pabrik dan tentunya wajib Anda perhatikan dengan baik yaitu dampak yang didapatkan dari reset pengaturan sistem, karena memang dampak yang diberikan tidaklah selalu menguntungkan.

Ada saat di mana proses reset ini memberikan dampak yang buruk untuk perangkat Anda, tentu Anda sebagai pengguna menginginkan dampak yang baik-baik saja bukan?

Tidak semua hp bisa berfungsi dengan normal jika melakukan reset pengaturan sistem, bahkan tanpa disadari hp bisa mengalami penurunan performanya.

Hal yang menyebabkannya juga berbeda-beda contohnya seperti terlalu banyak file yang ada sehingga kinerja jadi terhambat dan tentunya akan mengganggu.

Mau tidak mau untuk bisa memperbaikinya Anda harus melakukan tindakan lebih, misalnya dengan reset.

Apa Dampaknya Negatifnya?

Untuk dampak negatif dari reset pabrik atau factory reset yaitu mempengaruhi beberapa hal penting, karena sangat berhubungan dengan data yang Anda miliki.

Berikut ini beberapa dampak yang harus diperhatikan:

1. HP Berisiko Terkunci

Salah satu dampak yang bisa saja terjadi yaitu hp berisiko terkunci, jadi pada saat hp selesai di-reset maka hp bisa terkunci.

Maka dari itulah Anda harus menemukan suatu fitur yang bernama FRP atau Factory Reset Protection yang ada di perangkat Android sehingga membuat hp jadi lebih aman.

Namun ada kemungkinan terjadi masalah, apalagi saat tidak diketahui akun Google yang digunakan pada hp Anda itu.

Jadi yang bisa Anda lakukan agar dampak dari reset ini tidak terjadi yaitu sebaiknya Anda lakukan pencegahan dengan menghapus akun Android terlebih dahulu sebelum reset dilakukan.

Dengan menghapus akun Android maka hp yang digunakan tidak akan lagi tersambung atau terkoneksi dengan salah satu akun Google Anda, apalagi jika Anda memiliki akun lebih dari dua.

2. Bisa Menghapus Semua Data di Memori Internal

Bisa dikatakan bahwa dampak yang satu ini sangat merugikan ya, di mana ketika Anda melakukan reset pabrik di hp Android bisa saja menghapus semua data yang ada di memori internal.

Bahkan datanya sendiri seperti file-file penting, kontak, musik, foto, video, dan berbagai file lain.

Tapi dampak yang satu ini bisa Anda cegah jika melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset perangkat.

Anda dapat memilih mana saja data yang dianggap penting dan backup data tersebut sebelum factory reset atau reset pabrik dilakukan.

3. Logout di Semua Akun Media Sosial Anda

Dampak selanjutnya dalam pembahasan cara reset pengaturan jaringan di Android yaitu logout dari semua akun media sosial yang Anda miliki.

Tentunya ini sangat berbahaya apalagi jika Anda lupa password media sosial, seperti Instagram, Line, BBM, WhatsApp, dan beragam media sosial lainnya.

Pada saat Anda lupa dan memutuskan untuk lakukan reset hp, maka hal tersebut bisa menjadi boomerang yang sangat fatal ya.

Maka dari itulah untuk mencegah terjadinya hal ini maka sebaiknya Anda catat semua data login yang dibutuhkan di berbagai media sosial.

Untuk datanya sendiri meliputi username, kata sandi, serta email yang digunakan pada aplikasi-aplikasi tersebut agar nantinya Anda bisa masuk kembali (sign in) dengan lebih mudah ke media sosial yang diinginkan tanpa terjadinya kendala.

Jika proses reset perangkat sudah selesai dilakukan maka Anda tidak perlu takut lagi dengan akun media sosial yang hilang, karena bisa mengembalikannya lagi seperti semula dengan aman dan mudah tentunya.

4. Terjadi Bootloop Jika Proses Reset Tidak Berjalan dengan Lancar

Dan dampak yang terakhir jika hp dilakukan reset pabrik yaitu adalah bootloop. Tentunya dampak ini akan terjadi jika reset yang dilakukan tidak berjalan dengan baik, maka dari itulah pastikan reset hp telah berjalan dengan lancar.

Apalagi untuk software di sistem operasi (OS) Android, dengan demikian perangkat yang Anda gunakan bisa saja terjadi bootloop atau tidak bisa melakukan booting.

Meski penyebabnya yaitu proses yang tidak berjalan dengan lancar, tapi tetap saja hal ini bukan terjadi secara tiba-tiba atau begitu saja.

Terdapat beragam faktor penyebab pada saat Anda melakukan reset pabrik di hp, bisa saja Anda tidak menyadari bahwa perangkat mati pada saat kehabisan baterai.

Agar dampak tersebut tidak terjadi, sebaiknya isilah baterai terlebih dahulu dengan minimal daya sudah terisi 70%.

Tindakan ini juga tentu lebih aman untuk Anda terapkan agar hp tidak terjadi bootloop.

Pastikan prosedur reset perangkat diterapkan agar reset bisa berjalan dengan baik dan berbagai hal yang tidak diinginkan bisa dicegah.

Kesimpulan

Reset hp memang tidak selalu menguntungkan, namun dampak buruknya bisa Anda cegah.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam pembahasan cara reset pengaturan jaringan di Android.

Terapkan langkah-langkah reset yang benar sehingga Anda tidak mengalami dampak buruknya, selamat mencoba!

Baca Juga: