Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen

Apa yang Terjadi Setelah Akun Instagram Dihapus?

Sebelum memutuskan untuk menghapus akun Instagram, ketahui beberapa hal tentang apa yang akan terjadi setelah akun Instagram dihapus.

  • Setelah akun dihapus, Anda tidak dapat mendaftar kembali dengan nama pengguna yang sama atau menambahkan nama pengguna tersebut ke akun lain.
  • Anda masih dapat mengembalikan akun sebelum 30 hari sejak permintaan penghapusan akun. Caranya, cukup login seperti biasa ke akun tersebut.
  • Setelah 30 hari sejak permintaan penghapusan akun, akun dan semua informasi Anda akan dihapus secara permanen. Anda tidak akan bisa mendapatkan kembali informasi tersebut.
  • Mungkin perlu waktu hingga 90 hari sejak proses penghapusan dimulai untuk menghapus semua postingan Anda. Dalam jangka waktu ini, pengguna Instagram lain tidak akan bisa mengakses informasi tersebut.
  • Setelah 90 hari sejak proses penghapusan, salinan informasi Anda mungkin masih disimpan oleh Instagram untuk dapat dipulihkan kembali di bawah kondisi tertentu, seperti jika terjadi bencana, kerusakan perangkat lunak, atau untuk keperluan yang menyangkut dengan masalah hukum.

Menghapus Akun secara Permanen

Sebelum menghapus akun, ada baiknya Anda mengunduh salinan data akun Anda (seperti foto dan video).

Setelah akun dihapus, Anda tidak akan bisa mengakses semua data akun termasuk mengunduhnya.

Jika Anda hanya ingin beristirahat atau menutup akun sementara, Instagram memungkinkan Anda untuk menonaktifkan sementara akun.

Catatan: Anda tidak dapat menghapus akun melalui aplikasi Instagram. Menghapus akun harus dilakukan dengan membuka instagram.com lewat browser komputer atau browser ponsel.

Desktop

  1. Buka browser di komputer Anda.
  2. Kunjungi halaman Hapus Akun Anda.
  3. Jika Anda belum login, Anda akan diminta untuk login terlebih dahulu.
    Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen Img 1
  4. Pilih alasan mengapa Anda ingin menghapus akun Instagram Anda lalu masukkan kembali kata sandi akun Anda. Jika sudah, klik tombol Hapus “nama pengguna”.
    Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen Img 3

Mobile

  1. Buka browser di ponsel Anda.
  2. Kunjungi halaman Hapus Akun Anda.
  3. Jika Anda belum login, Anda akan diminta untuk login terlebih dahulu.
    Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen Img 4
  4. Pilih alasan mengapa Anda ingin menghapus akun Instagram Anda.
    Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen Img 5
  5. Berikutnya, masukkan kembali kata sandi akun Anda kemudian ketuk tombol Hapus “nama pengguna” atau Delete “nama pengguna”.
    Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen Img 6

Mengembalikan Akun

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sebelum batas waktu 30 hari sejak permintaan penghapusan akun, Anda masih dapat mengembalikan akun tersebut.

Anda hanya perlu login seperti biasa ke akun tersebut dan otomatis permintaan penghapusan akun akan dibatalkan.

Akun Anda akan dihapus secara permanen dan tidak dapat dikembalikan jika sudah melewati batas waktu 30 hari sejak permintaan penghapusan akun.

Baca Juga: