Cara Mengganti Bahasa Penelusuran di Google

Jika Anda belum pernah mengganti bahasa penelusuran di Google, hasil penelusuran akan ditampilkan dalam bahasa yang biasa Anda gunakan di produk Google lainnya.

Untuk perangkat desktop, mengganti bahasa penelusuran dapat dilakukan dengan membuka Halaman Preferensi Google lewat browser.

Pada perangkat mobile, metode mengganti bahasa penelusuran hampir sama dengan perangkat desktop, yaitu dengan membuka Halaman Preferensi Google lewat browser.

Namun, preferensi di atas hanya akan berlaku untuk penelusuran yang Anda lakukan menggunakan browser, tidak berlaku untuk penelusuran menggunakan aplikasi Google.

Preferensi bahasa penelusuran pada aplikasi Google harus diatur secara terpisah.

Desktop

  1. Buka browser kemudian kunjungi Halaman Preferensi Google. Anda pun dapat mengakses halaman ini dengan mengklik menu Setelan > Setelan penelusuran.
    Cara Mengganti Bahasa Penelusuran Di Google Img 1
  2. Klik menu Bahasa di sisi kiri.
    Cara Mengganti Bahasa Penelusuran Di Google Img 2
  3. Pilih bahasa pada bagian Bahasa apa yang harus digunakan produk Google?. Bagian ini sebenarnya mengatur bahasa antarmuka produk Google, seperti bahasa pada menu dan tombol. Namun, khusus untuk halaman preferensi versi desktop, bagian ini juga menentukan bahasa penelusuran. Bahasa yang dipilih pada bagian ini akan otomatis digunakan sebagai bahasa penelusuran dan menggantikan bahasa yang sebelumnya digunakan pada bagian Saat ini menampilkan hasil penelusuran dalam. Jika sudah, klik Simpan.
    Cara Mengganti Bahasa Penelusuran Di Google Img 3
  4. Perlu diketahui, preferensi bahasa di atas tidak akan mengubah konten berita yang ditampilkan pada bagian News atau Berita. Google menampilkan konten berita berdasarkan wilayah yang Anda pilih pada bagian Setelan Wilayah. Untuk mengganti Setelan Wilayah, klik menu Hasil penelusuran di sisi kiri.
    Cara Mengganti Bahasa Penelusuran Di Google Img 4
  5. Gulir turun halaman ke bagian Setelan Wilayah. Pilih wilayah sesuai dengan preferensi bahasa yang digunakan lalu klik Simpan.
    Cara Mengganti Bahasa Penelusuran Di Google Img 5

Mobile

Browser

  1. Buka browser lalu kunjungi Halaman Preferensi Google.
  2. Gulir turun halaman, ganti bagian Wilayah untuk Hasil Penelusuran sesuai dengan preferensi bahasa yang akan digunakan. Kemudian pilih bahasa yang akan digunakan pada bagian Bahasa Hasil Penelusuran.
    Cara Mengganti Bahasa Penelusuran Di Google Img 6
  3. Selanjutnya, ketuk Simpan.

Aplikasi Google

  1. Buka aplikasi Google.
  2. Ketuk menu More di sudut kanan bawah.
    Cara Mengganti Bahasa Penelusuran Di Google Img 7
  3. Pilih menu Settings.
    Cara Mengganti Bahasa Penelusuran Di Google Img 8
  4. Pilih menu Language & region.
    Cara Mengganti Bahasa Penelusuran Di Google Img 9
  5. Pilih bahasa yang akan digunakan pada bagian Search language kemudian pilih wilayah pada bagian Search region sesuai dengan preferensi bahasa yang digunakan.
    Cara Mengganti Bahasa Penelusuran Di Google Img 10

Baca Juga: