Cara Kirim Pesan dalam Mode Menghilang di Instagram

Mode Menghilang atau Vanish Mode di Instagram memungkinkan orang untuk saling mengirim pesan yang akan menghilang saat mereka menutup obrolan. Konten pesan dapat berupa teks, foto, video, dan jenis konten lainnya.

Pesan yang dikirimkan dalam mode ini akan menghilang saat seseorang meninggalkan obrolan atau mematikan mode ini. Perlu diketahui, Mode Menghilang mungkin tidak tersedia di Jepang dan negara-negara Eropa.

Ketahui Beberapa Hal Tentang Mode Menghilang

Sebelum berkirim pesan dalam Mode Menghilang, ketahui beberapa hal berikut:

  • Mode Menghilang hanya tersedia untuk Instagram versi mobile a.k.a aplikasi Instagram (Android & iPhone). Mode ini tidak tersedia untuk Instagram Web.
  • Pastikan Anda menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru untuk dapat menggunakan fitur ini.
  • Dalam Mode Menghilang, Anda tidak dapat menyalin, menyimpan, atau meneruskan pesan.
  • Akun yang belum pernah terhubung dengan Anda tidak akan bisa mengirimkan permintaan pesan dalam Mode Menghilang. Dengan kata lain, sebelum dapat memulai obrolan dalam mode ini, Anda harus mengirimkan beberapa pesan reguler ke akun tersebut.
  • Anda hanya dapat menggunakan Mode Menghilang dalam obrolan dengan akun Instagram lain. Mode Menghilang tidak dapat digunakan untuk jenis obrolan grup atau obrolan dengan akun Messenger atau Facebook.

Hanya gunakan mode ini dengan orang yang Anda kenal dan percayai. Misalnya, seseorang mungkin:

  • Mengambil tangkapan layar (screenshot) atau merekam layar (record) sebelum pesan menghilang. Anda akan menerima notifikasi jika hal ini terjadi.
  • Memotret pesan di dalam Mode Menghilang menggunakan kamera ponsel lain.

Cara Mengaktifkan Mode Menghilang

  1. Buka aplikasi Instagram. Pastikan Anda sudah masuk (login) ke akun Instagram Anda.
  2. Di halaman beranda, ketuk ikon Messenger atau Direct Message di kanan atas.
    Mode Menghilang Instagram Img 1
  3. Pilih akun untuk memulai obrolan dalam Mode Menghilang. Ingat, Anda tidak dapat mengirimkan permintaan pesan Mode Menghilang ke akun yang belum pernah terhubung dengan Anda sebelumnya. Jika ingin mengirimkan pesan dalam Mode Menghilang ke akun tersebut, kirim beberapa pesan reguler terlebih dahulu.
    Mode Menghilang Instagram Img 2
  4. Usap layar ponsel dari bawah ke atas kemudian lepaskan. Saat mengusap layar, Anda akan melihat pesan Usap ke atas untuk mengaktifkan mode hilang. Jika berhasil, warna latar layar pesan akan berubah menjadi hitam. Jika tidak berhasil, ulangi cara yang sama sampai berhasil.
  5. Pada tahap ini, Anda sudah siap berikirm pesan dalam Mode Menghilang.

Cara Berikirim Pesan dalam Mode Menghilang

Pada dasarnya, berikirm pesan dalam Mode Menghilang sama seperti berikirm pesan reguler. Anda hanya perlu mengetikkan isi pesan kemudian ketuk tombol Kirim.

Mode Menghilang Instagram Img 6

Selain pesan teks, Anda dapat mengirimkan pesan berupa foto dan video. Setiap pesan yang dikirimkan akan menghilang saat Anda atau penerima pesan menutup obrolan atau menonaktifkan Mode Menghilang.

Cara Menonaktifkan Mode Menghilang

Instagram menyediakan dua cara berbeda dalam menonaktifkan Mode Menghilang. Pertama, ketuk tombol Nonaktifkan Mode Hilang di bagian atas.

Mode Menghilang Instagram Img 7

Kedua, usap layar dari bawah ke atas kemudian lepaskan, sama seperti ketika Anda mengaktifkan Mode Menghilang.

Mode Menghilang Instagram Img 8

Penonaktifkan Mode Menghilang berlaku di kedua sisi. Jika penerima pesan menonaktifkan mode ini maka Anda pun secara otomatis akan keluar dari mode ini, demikian juga sebaliknya.

Cara Membatalkan Pesan dalam Mode Menghilang

Anda dapat membatalkan pengiriman pesan di dalam Mode Menghilang. Cukup ketuk dan tahan pada pesan yang ingin dibatalkan lalu pilih Batal Kirim di bagian bawah.

Ketuk Batal Kirim untuk mengonfirmasi.

Mode Menghilang Instagram Img 13

Pembatalan pengiriman pesan akan menghapus pesan untuk semua orang. Namun, penerima mungkin telah melihat/membaca pesan lebih dulu sebelum Anda membatalkannya.

Baca juga: 2 Cara Mengembalikan DM Instagram yang Terhapus.

Cara Melaporkan Pesan dalam Mode Menghilang

Untuk melaporkan pesan di dalam Mode Menghilang, ketuk dan tahan pada pesan yang ingin dilaporkan kemudian ketuk Laporkan di bagian bawah.

Pilih jenis pelaporan dan selesaikan prosesnya.

Mode Menghilang Instagram Img 16

Bagaimana Jika Penerima Mengakses Instagram di Komputer?

Mode Menghilang hanya tersedia di aplikasi Instagram untuk perangkat Android & iPhone. Jika penerima pesan membuka akun meraka melalui situs web Instagram maka mereka tetap akan menerima notifikasi pesan dari Anda.

Baca juga: Cara Menggunakan DM Instagram di Komputer

Namun, alih-alih menerima pesan yang Anda kirimkan, mereka akan menerima pesan Sent in Vanish Mode, Use the latest version of the Instagram app to see this message.

Mode Menghilang Instagram Img 10

Notifikasi Tangkapan Layar (Screenshot)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pesan di dalam Mode Menghilang tidak dapat disalin, disimpan, atau diteruskan.

Obrolan dalam Mode Menghilang seharusnya menjadi obrolan yang bersifat rahasia atau pribadi antara Anda dan penerima pesan.

Jika Anda atau penerima pesan mengambil tangkapan layar (screenshot), notifikasi terkait tindakan tersebut akan muncul di layar obrolan. Anda dan penerima pesan dapat melihat notifikasi ini.

Mode Menghilang Instagram Img 9

Baca Juga: