Cara Mengaktifkan Sistem COD di Tokopedia

Prosedur mengaktifkan metode pembayaran COD di Tokopedia sama seperti ketika menonaktifkannya.

Di Tokopedia, metode pembayaran COD tersedia melalui dua pilihan kurir, SiCepat dan AnterAja.

Untuk mengaktifkan metode pembayaran COD, Anda hanya perlu mengaktifkan dua pilihan kurir tersebut.

Mengaktifkan metode pembayaran COD dapat dilakukan melalui situs web Tokopedia Seller atau aplikasi Tokopedia Seller untuk perangkat mobile.

Apakah sulit untuk cara mengaktifkan sistem COD di Tokopedia? Tentunya tidak ya, maka dari itu simak pembahasan ini hingga usai.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur COD Tokopedia?

Selengkapnya, berikut bagaimana cara mengaktifkan metode pembayaran COD di Tokopedia.

Catatan: Perubahan metode pembayaran berlaku pada level akun sehingga cukup dilakukan di salah satu perangkat, Tokopedia Seller (desktop) atau aplikasi Tokopedia Seller (mobile).

Situs Web Tokopedia Seller

Untuk mengaktifkannya di situs Tokopedia Seller maka terapkan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Buka browser kemudian kunjungi situs web Tokopedia Seller. Login menggunakan akun Tokopedia Anda (jika belum).
  2. Klik menu Pengaturan Toko di sisi kiri.
    Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 1
  3. Di sisi kanan, klik tab Layanan.
    Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 2
  4. Pada bagian Bayar di Tempat, centang kotak Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan Bayar di Tempat kemudian klik tombol Aktifkan Layanan.
    Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 3
  5. Tindakan ini otomatis akan mengaktifkan dua pilihan kurir yang mendukung sistem pembayaran COD, yaitu SiCepat dan AnterAja.
    Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 5

Cara lain untuk mengaktifkan metode pembayaran COD adalah dengan langsung mengaktifkan dua pilihan kurir di atas melalui tab Pengiriman.

Ikuti langkah 1 dan 2 di atas kemudian klik tab Pengiriman.

Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 4

Centang kotak untuk kurir SiCepat dan AnterAja lalu klik tombol Simpan di bagian bawah.

Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 5

Aplikasi Tokopedia Seller

Sedangkan untuk cara mengaktifkan sistem COD di Tokopedia di aplikasi Tokopedia Seller seperti di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Tokopedia Seller.
  2. Ketuk menu Lainnya di kanan bawah.
    Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 6
  3. Pilih menu Pengaturan.
    Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 7
  4. Gulir turun halaman, pilih menu Layanan Bayar di Tempat.
    Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 8
  5. Centang kotak Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan Bayar di Tempat kemudian ketuk tombol Aktifkan Layanan.
    Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 9
  6. Tindakan ini otomatis akan mengaktifkan dua pilihan kurir yang mendukung sistem pembayaran COD, yaitu SiCepat dan AnterAja.
    Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 10

Cara lain untuk mengaktifkan metode pembayaran COD adalah dengan langsung mengaktifkan dua pilihan kurir di atas melalui menu Atur Layanan Pengiriman.

Ikuti langkah no 1 sampai 3 di atas kemudian pilih menu Atur Layanan Pengiriman.

Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 11

Centan semua kotak untuk kurir SiCepat dan AnterAja lalu ketuk ikon centang di kanan atas untuk menyimpannya.

Cara Mengaktifkan Sistem Cod Di Tokopedia Img 10

Syarat COD Tokopedia

Setiap marketplace tentu memiliki ketentuan tersendiri dalam sistem COD yang mereka berikan, termasuk untuk Tokopedia ini.

Syarat dan ketentuan COD atau cash on delivery yang ada di COD memang wajib dipahami terlebih dahulu untuk pembeli ataupun penjual.

Kelayakan Pengguna

  • Fitur COD di Tokopedia hanya bisa digunakan di situs atau aplikasi Tokopedia versi terbaru saja ya.
  • Fitur Tokopedia dapat digunakan oleh semua pengguna yang sudah memiliki akun Tokopedia.
  • Dengan menggunakan fitur Tokopedia maka pengguna dianggap sudah memahami serta mematuhi berbagai syarat serta ketentuan yang berlaku.
  • Pengguna tidak bisa mengalihkan fitur COD yang melekat di akunnya ke akun yang lain.
  • Tokopedia berhak untuk mencabut atau menghentikan layanan atau manfaat dari fitur Tokopedia tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, baik itu hanya untuk sementara atau seterusnya jika ada pengguna yang terindikasi melakukan pelanggaran atau kecurangan terhadap ketentuan situs. Setiap kerugian yang terjadi akibat tindakan tersebut juga bukan tanggung jawab Tokopedia.
  • Syarat dan ketentuan ini bisa berubah atau diperbarui sewaktu-waktu. Tokopedia menyarankan ke pengguna untuk membaca dengan seksama serta memeriksa terlebih dahulu syarat dan ketentuan ini secara rutin untuk mengetahui perubahan apa yang.

Pembeli

  • Fitur COD hanya bisa digunakan jika penjual sudah mengaktifkan fitur tersebut di barang yang ditawarkan pada tokonya.
  • Fitur COD bisa digunakan untuk mengirimkan ke kota-kota tertentu.
  • Fitur COD hanya bisa digunakan jika pembeli sudah memilih durasi pengiriman yang memang sudah mendukung adanya fitur tersebut di laman pemilihan durasi untuk pengiriman.
  • Fitur COD hanya bisa digunakan untuk mitra kurir tertentu (yang mendukung adanya fitur COD).
  • Fitur COD bisa digunakan jika semua penjual atau barang yang sudah dipilih oleh pembeli mengaktifkan fitur COD.
  • Satu akun pembeli hanya bisa transaksi dengan fitur COD maksimal lima kali dalam satu minggu dengan frekuensi waktu dua kali dalam sehari.
  • Barang yang dibeli dengan transaksi COD maksimal sebesar Rp2.500.000 (dua juta lima ratus ribu Rupiah) per transaksinya.
  • Khusus pengguna baru untuk transaksi pertama sampai ketiga tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk transaksi. Sedangkan untuk transaksi keempat dan selanjutnya akan dikenakan biaya layanan sebesar 2% dari total harga barangnya.
  • Pembeli memberikan uang untuk pembayaran ke mitra kurir ketika barang pesanan sudah diterima di tempat tujuan. Untuk nominalnya sesuai dengan invoice atau faktur tagihan.
  • Pembeli tidak diizinkan untuk membuka paket atau barang yang dipesan sebelum memberikan uang pembayarannya ke mitra kurir.
  • Pembeli bisa melakukan retur atau pengembalian barang jika pembeli belum membuka paket/ barang yang dipesan. Jika pembeli melakukan pengembalian barang tanpa membuka paket kiriman maka pembeli tidak perlu memberikan uang untuk membayar paket ke mitra kurir.
  • Jika pembeli sudah membuka paket barang yang dipesan dan ingin mengembalikan barang maka pembeli harus membayar semua pesanan terlebih dahulu ke mitra kurir dan selanjutnya bisa mengajukan komplain pengembalian barang ke penjual di Pusat Resolusi.
  • Jika pembeli membeli lebih dari satu barang di dalam satu paket dan ingin melakukan pengembalian barang maka pembeli harus mengembalikan semua barang ke mitra kurir. Atau jika ingin melakukan pengembalian barang di semua barangnya maka pembeli harus membayar semua pesanan terlebih dahulu dan ajukan komplain ke Pusat Resolusi.
  • Jika pengembalian barang diajukan di Pusat Resolusi maka biaya layanan tidak bisa dikembalikan.
  • Jika pengembalian barang dilakukan sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan ini, maka ongkos kirim ditanggung oleh Tokopedia dan pengembalian barang dari pembeli ke penjual maupun sebaliknya.
  • Jika dalam waktu 60 hari pembeli melakukan pembatalan transaksi dengan fitur COD sebanyak dua kali atau pembeli tidak ada di tempat ketika kurir melakukan pengiriman paket sebanyak 2 kali maka fitur COD akan dinonaktifkan oleh Tokopedia dari opsi metode pembayaran pembeli.

Penjual

  • Untuk mendapatkan fitur COD maka penjual harus mengaktifkan jasa pengiriman mitra kurir yang sudah bekerjasama agar bisa menyediakan fitur COD ini. Jika penjual menonaktifkan jasa pengiriman mitra kurir maka fitur COD juga secara otomatis akan dinonaktifkan.
  • Fitur COD hanya berlaku untuk penjual yang lokasinya ada di kota-kota tertentu saja.
  • Fitur COD hanya bisa digunakan untuk mitra kurir yang sudah bekerjasama dalam penyediaan metode bayar COD.
  • Dengan mengaktifkan fitur COD ini maka semua barang yang sudah memenuhi kriteria bisa menggunakan fitur COD. Untuk kriteria dari barang yang didaftarkan antara lain seperti berikut:

-Harga maksimal per unit barang yaitu Rp2.500.000 (dua juta lima ratus ribu Rupiah);
-Barang tidak termasuk makanan serta minuman.
-Barang tidak sedang mengikuti promo Flash Sale di marketplace Tokopedia.

  • Jika pemesanan barang dilakukan dengan fitur COD maka pengiriman dilakukan di fitur request pickup dan penjual tidak dikenakan biaya pengiriman.
  • Penjual harus memastikan bahwa barang yang sudah dikemas sesuai dengan standar pengemasan yang berlaku di mitra kurir.
  • Penjual harus memastikan label pengiriman yang sudah disediakan Tokopedia sudah tercetak dan ditempel di kemasan barang. Jika penjual tidak mencetak label serta menempelkan label pengiriman yang tersedia maka semua potensi kerugian proses pengiriman akan ditanggung penjual.
  • Penjual memahami bahwa pembeli diizinkan untuk melakukan retur atau pengembalian bawang.
  • Penjual tidak bisa melakukan pergantian kurir jika pembeli menggunakan fitur COD.

Apa Keuntungan COD?

Usai mengetahui cara mengaktifkan sistem COD di Tokopedia dan syarat COD di Tokopedia, maka di sini akan dibahas mengenai apa keuntungan dari sistem COD.

Kelebihan untuk Penjual

Karena metode pembayaran yang disediakan semakin banyak, maka semakin banyak juga orang yang tertarik untuk membeli barang yang toko Anda jual.

Dengan adanya sistem COD maka bisa meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan terhadap toko Anda.

Karena seperti yang diketahui, hingga saat ini banyak orang yang ingin melakukan transaksi secara online namun belum percaya 100% dengan sistem pembayaran lain sehingga lebih memilih untuk menggunakan metode COD untuk pembayaran barang yang dibeli di marketplace.

Kelebihan untuk Pembeli

Metode pembayaran COD ini berarti pembeli harus membayar setelah barang diterima, sehingga pembeli bisa dengan bebas memeriksa barangnya sebelum melakukan pembayaran.

Hal inilah yang bisa menghindarkan pembeli dari membayar paket yang bisa membatalkan transaksi, namun harus tetap mengikuti aturan yang telah disediakan dan jangan sampai membuat rugi pihak penjual ya.

Apa Kelemahan COD?

Terlepas dari kelebihan yang dimilikinya, ternyata COD juga memiliki beberapa kelemahan seperti berikut ini:

Kekurangan untuk Penjual

Untuk penjual yang perlu mengirimkan barangnya secara langsung, tentu akan merugi jika pembeli membatalkan transaksi secara sepihak apalagi jika penjual sudah meluangkan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk mengirimkan barang yang dipesan pembeli.

Penjual juga memiliki keterbatasan dalam hal pengiriman barang. Jika jaraknya terlalu jauh maka biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman juga besar, dan bisa saja penjual belum sepakat dengan biaya tersebut.

Jika pembayaran dilakukan dengan uang tunai, bisa saja penjual menerima uang palsu jika ia tidak teliti.

Kekurangan untuk Pembeli

Sedangkan kekurangan dari pembeli adalah bisa menjadi korban kejahatan jika membawa uang tunai dengan jumlah besar.

Karena hal tersebut sebaiknya pembeli memastikan transaksi dengan sistem COD dilakukan di tempat yang aman.

Kesimpulan

Sistem COD di Tokopedia memang memiliki kelebihan karena bisa memudahkan para pembeli untuk membayarnya.

Jika Anda ingin mengaktifkan fitur COD di Tokopedia, maka bisa langsung melakukan cara mengaktifkan sistem COD di Tokopedia di atas.

Baca Juga:


Leave a Comment