Cara Kirim Pesan Suara di Instagram

Pesan Direct atau Direct Message di Instagram mendukung fitur pengiriman pesan suara atau voice messages. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di semua platform, melainkan hanya platform mobile melalui aplikasi Instagram untuk Android dan iOS.

Pesan suara adalah pesan berisi suara yang Anda rekam secara langsung melalui mikrofon ponsel. Dengan demikian, pengiriman pesan suara selalu diawali dengan proses perekaman suara.

Merekam dan Mengirimkan Pesan Suara

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Ketuk ikon Messenger atau Direct Message (DM) di kanan atas halaman Beranda.
    Kirim Pesan Suara Instagram Img 1
  3. Pilih kontak, akun, atau grup yang akan Anda kirimi pesan suara. Gunakan bilah penelusuran di bagian atas untuk mencari kontak, akun, atau grup tertentu.
    Kirim Pesan Suara Instagram Img 2
  4. Untuk mulai merekam suara, ketuk dan tahan ikon mikrofon di bagian bawah.
    Kirim Pesan Suara Instagram Img 3
  5. Saat bilah pesan berubah warna menjadi biru, artinya perekaman suara sedang berlangsung.
    Kirim Pesan Suara Instagram Img 4
  6. Lepaskan jari jika sudah selesai merekam dan pesan suara otomatis akan dikirimkan.
    Kirim Pesan Suara Instagram Img 5
  7. Jika ingin membatalkan rekaman, saat perekaman sedang berlangsung dan jari masih menempel di layar, seret jari ke arah ikon tempat sampah di sebelah kiri sampai ikon tempat sampah berubah warna menjadi merah lalu lepaskan.

Mengaktifkan Mode Hands-Free

Pesan suara tidak didesain untuk rekaman suara yang panjang. Sebaiknya, fitur ini hanya digunakan untuk mengirimkan pesan suara singkat. Namun, Anda tetap dimungkinkan untuk mengirimkan pesan suara yang cukup panjang.

Saat perekaman suara cukup panjang, mungkin tidak akan nyaman jika Anda harus terus menempelkan jari pada layar. Solusinya, Instagram menyediakan mode hands-free yang memungkinkan Anda melepas jari dari layar dan membiarkan proses perekaman tetap berjalan.

Untuk merekam suara dalam mode hands-free, ketuk dan tahan ikon mikrofon di bagian bawah kemudian seret ke ikon gembok di bagian atas sampai ikon berubah warna menjadi merah.

Kirim Pesan Suara Instagram Img 8

Lepaskan jari dan mode hands-free akan diaktifkan. Dalam mode ini, proses perekaman akan tetap berjalan meskipun Anda sudah melepas jari dari layar.

Untuk menyelesaikan rekaman dan mengirimkan hasilnya, ketuk ikon panah di kanan bawah. Jika ingin membatalkan rekaman, ketuk ikon tempat sampai di kiri bawah.

Kirim Pesan Suara Instagram Img 9

Pesan Suara Bisa Dibuka Lewat Situs Web Instagram

Mungkin Anda bertanya, apakah pesan suara yang saya kirimkan akan muncul dan dapat diputar saat penerima membuka akunnya melalui situs web Instagram?

Jawabannya, bisa!

Sama seperti konten GIF yang tidak dapat dikirimkan melalui situs web Instagram, pesan suara yang Anda kirimkan tetap akan muncul dan dapat diputar saat penerima membuka akunnya melalui situs web Instagram.

Kirim Pesan Suara Instagram Img 10

Baca Juga: