Cara Kirim GIF Lewat Pesan di Instagram

Selain gambar, foto dan pesan suara, Anda dapat mengirimkan konten GIF melalui pesan di Instagram. Bagaimanapun, mengirimkan konten GIF hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Instagram untuk perangkat Android dan iOS.

GIF adalah animasi gambar atau sering dikenal sebagai konten gambar bergerak. Penggunaan GIF pada Pesan Direct atau Direct Message (DM) sangat terbatas. Anda hanya bisa mengirimkan GIF yang sudah disediakan melalui layanan Giphy.

Meski begitu, ada banyak GIF yang bisa Anda gunakan secara gratis, fungsi penelusuran juga disertakan untuk memudahkan Anda mencari konten GIF di kategori tertentu atau yang benar-benar sesuai dengan kata kunci pencarian Anda.

Untuk mulai mengirimkan konten GIF melalui pesan di Instagram, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Ketuk ikon Messenger atau Direct Message (DM) di kanan atas halaman Beranda.
    Kirim Pesan Gif Instagram Img 1
  3. Pilih kontak, akun, atau grup yang akan Anda kirimi konten GIF. Gunakan bilah penelusuran di bagian atas untuk mencari kontak, akun, atau grup tertentu.
    Kirim Pesan Gif Instagram Img 2
  4. Ketuk ikon + di kanan bawah layar percakapan. Tombol ini akan membuka jenis konten lainnya yang dapat dikirimkan melalui pesan, termasuk konten GIF.
    Kirim Pesan Gif Instagram Img 3
  5. Ketuk ikon bertuliskan GIF.
    Kirim Pesan Gif Instagram Img 4
  6. Konten GIF akan ditampilkan secara acak (random), geser ke kanan untuk menelusurinya. Ketuk pada konten GIF untuk mengirimkannya.
    Kirim Pesan Gif Instagram Img 5
  7. Untuk mencari konten GIF tertentu, ketikkan kata kunci pencarian Anda pada bilah Cari GIPHY. Pilih konten GIF yang sesuai kemudian ketuk untuk mengirimkannya. Jika Anda memilih opsi Acak, koten GIF akan dikirimkan secara acak sesuai dengan kata kunci pencarian.
    Kirim Pesan Gif Instagram Img 6
  8. Konten GIF yang dikirimkan akan terlihat seperti ini di layar percakapan. Perlu diingat, meskipun jenis konten GIF tidak tersedia atau tidak dapat dikirimkan melalui situs web Instagram, penerima pesan GIF Anda yang membuka akunnya melalui situs web Instagram tetap dapat melihat konten GIF yang Anda kirimkan.
    Kirim Pesan Gif Instagram Img 7

Baca Juga: