Cara Atur Jam Operasional Toko di Tokopedia

Fitur Jam Operasional Toko di Tokopedia dapat membantu Penjual mengoperasikan Toko mereka dengan lebih efisien. Perlu diingat bahwa fitur Jam Operasional Toko hanya dapat diakses melalui situs web Tokopedia Seller.

Apa Itu Jam Operasional Toko di Tokopedia?

Jam Operasional Toko di Tokopedia adalah fitur yang dapat membantu Penjual mengoperasikan Toko mereka dengan menentukan jam buka dan jam tutup Toko.

Jam Operasional Toko tidak akan mencegah Pembeli untuk mengirimkan pesan melalui fitur chat kepada Penjual dan tidak akan mencegah aktivitas pembelian di Toko Penjual.

Dengan kata lain, meskipun Jam Operasional Toko sudah berakhir, Pembeli masih bisa mengirimkan pesan kepada Penjual dan membuat pesanan atau membeli produk di Toko Penjual.

Jika Penjual tidak mengubah atau menentukan Jam Operasional maka Toko akan dianggap buka selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu.

Setelah diatur, Jam Operasional akan berjalan/berlaku secara berulang setiap harinya. Informasi tentang Jam Operasional akan muncul di bagian atas halaman utama Toko saat Jam Operasional Toko sudah berakhir.

Mengatur Jam Operasional Toko Di Tokopedia Img 1

Dengan informasi ini, Pembeli dapat memperkirakan kapan pesan mereka akan dibalas, kapan pesanan mereka akan diproses, atau kapan Penjual dapat melayani mereka kembali.

Apa Bedanya dengan Fitur Buka/Tutup Toko?

Jam Operasional berbeda dengan fitur Buka/Tutup Toko. Jam Operasional tidak akan mencegah Pembeli untuk mengirimkan pesan dan membuat pesanan atau membeli produk di Toko Penjual.

Sementara itu, jika penjual menutup Toko mereka melalui fitur Buka/Tutup Toko, Pembeli masih bisa mengirimkan pesan kepada Penjual, tetapi tidak bisa melakukan aktivitas pembelian produk di Toko Penjual.

Selain itu, fitur Buka/Tutup Toko tidak dirancang untuk berjalan secara berulang. Jika Penjual ingin menutup Tokonya melalui fitur Buka/Tutup Toko maka mereka harus menentukan jangka waktu tutup atau sampai kapan Toko mereka tutup.

Cara Atur Jam Operasional Toko di Tokopedia

Perlu penulis ingatkan kembali, fitur Jam Operasional hanya dapat diakses melalui situs web Tokopedia Seller. Fitur ini tidak tersedia di aplikasi Tokopedia dan aplikasi Tokopedia Seller.

Langsung saja, berikut bagaimana cara mengatur Jam Operasional Toko di Tokopedia.

  1. Kunjungi situs web Tokopedia Seller. Pastikan Anda sudah masuk (login) menggunakan akun Penjual Anda.
  2. Klik menu Pengaturan Toko di samping kiri.
    Mengatur Jam Operasional Toko Di Tokopedia Img 2
  3. Temukan bagian Status di samping kanan. Pilih opsi Buka Toko pada bagian tersebut lalu klik tombol Ubah di kanan bawah bagian tersebut.
    Mengatur Jam Operasional Toko Di Tokopedia Img 3
  4. Jika muncul pesan Ubah jadwal buka toko, klik saja Oke.
    Mengatur Jam Operasional Toko Di Tokopedia Img 4
  5. Pilih hari pada bagian Pilih hari lalu atur bagian Jam buka dan Jam tutup. Perlu diperhatikan, Jam Operasional Toko di Tokopedia menggunakan zona waktu WIB. Jika Anda tinggal di wilayah non WIB, tetapi Tokopedia masih menggunakan zona waktu WIB, sesuaikan dengan waktu di zona Anda. Jika sudah, klik tombol Simpan di kanan bawah.
    Mengatur Jam Operasional Toko Di Tokopedia Img 5
  6. Umumnya, jam buka dan jam tutup Toko diatur sama untuk setiap harinya. Namun, Anda dapat membuat jadwal yang berbeda jika mau. Untuk membuat jadwal baru, terlebih dahulu nonaktifkan hari pada jadwal pertama yang nantinya akan digunakan pada jadwal kedua. Setelah dinonaktifkan, klik tombol Tambah Jadwal. Dalam contoh, penulis ingin jam buka dan jam tutup Toko pada hari Sabtu dan Minggu diatur secara terpisah. Untuk itu, penulis akan nonaktifkan hari Sabtu dan Minggu pada jadwal pertama dilanjutkan dengan membuat jadwal baru.
    Mengatur Jam Operasional Toko Di Tokopedia Img 8
  7. Jadwal baru akun muncul di bagian bawah jadwal pertama, klik hari Sabtu dan Minggu pada jadwal baru untuk mengaktifkannya. Selanjutnya, atur Jam buka dan Jam tutup yang akan berlaku untuk hari Sabtu dan Minggu. Jika sudah, klik tombol Simpan di kanan bawah.
    Mengatur Jam Operasional Toko Di Tokopedia Img 9

Cara Meliburkan/Menutup Toko pada Hari Tertentu

Fitur Jam Operasional Toko tidak dapat mengatur atau digunakan untuk menutup Toko meskipun hanya 1 hari. Fitur ini dirancang hanya untuk mengatur jam buka dan jam tutup Toko.

Jika Anda ingin meliburkan atau menutup Toko pada hari tertentu, Anda harus mengaturnya melalui fitur Buka/Tutup Toko. Lihat panduannya dalam artikel Cara Menutup Toko di Tokopedia.

Baca Juga: