Cara Menonaktifkan Sistem COD di Shopee

COD adalah singkatan dari Cash on Delivery atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti Bayar di Tempat.

COD merupakan metode pembayaran pada sistem jual beli online di mana pembeli melakukan pembayaran langsung di tempat saat menerima barang yang dikirimkan oleh penjual.

Shopee adalah salah satu marketplace yang mendukung metode pembayaran COD. Secara default, metode pembayaran COD di Shopee aktif untuk setiap penjual.

Namun, penjual tetap dapat menonaktifkannya kapan pun melalui Shopee Seller Centre atau aplikasi Shopee untuk perangkat mobile.

Ingin tahu tentang bagaimana cara menonaktifkan sistem COD di Shopee? Simak penjelasan ini hingga usai.

Bagaimana Cara Menonaktifkan COD di Shopee?

Selengkapnya, berikut bagaimana cara menonaktifkan metode pembayaran COD di Shopee.

Catatan: Perubahan metode pembayaran berlaku pada level akun sehingga cukup dilakukan di salah satu perangkat, Shopee Seller Centre (desktop) atau aplikasi Shopee (mobile).

Shopee Seller Centre (Desktop)

Jika Anda menggunakan desktop untuk membuka Shopee maka bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka browser kemudian kunjungi Shopee Seller Centre. Login menggunakan akun Shopee Anda (jika belum).
  2. Klik menu Pengaturan Pengiriman di sisi kiri.
    Cara Menonaktifkan Sistem Cod Di Shopee Img 1
  3. Di sisi kanan, hapus centang dari kotak COD.
    Cara Menonaktifkan Sistem Cod Di Shopee Img 2

Aplikasi Shopee (Mobile)

Sedangkan untuk cara menonaktifkan sistem COD di Shopee pada aplikasi mobile seperti di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Ketuk menu Saya di kanan bawah.
    Cara Menonaktifkan Sistem Cod Di Shopee Img 3
  3. Ketuk menu Toko Saya di kiri atas.
    Cara Menonaktifkan Sistem Cod Di Shopee Img 4
  4. Ketuk menu Jasa Kirim Saya.
    Cara Menonaktifkan Sistem Cod Di Shopee Img 5
  5. Ketuk toggle di samping Aktifkan COD.
    Cara Menonaktifkan Sistem Cod Di Shopee Img 6

Bagaimana Sistem Pembayaran COD di Shopee?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hingga saat ini sistem pembayaran COD memang menjadi andalan untuk banyak orang, dan banyak marketplace juga yang menerapkan sistem COD ini, termasuk Shopee.

Masing-masing dari marketplace memiliki syarat dan ketentuan tersendiri yang berlaku dalam sistem pembayaran sistem COD ini.

Sebagai contoh syarat sistem COD di Shopee yang mengharuskan para pembeli untuk membayar biaya penanganan jika ingin menggunakan metode pembayaran tersebut.

Bagaimana Sistem COD Shopee untuk Penjual?

Dikarenakan sistem COD ini mengharuskan pembayaran setelah barang diterima maka ada beberapa penjual yang kebingungan tentang pencairan dana COD di Shopee ini.

Jadi, bagaimana dana akan dicairkan ke penjual? Seperti apa sistem pembayaran dari COD ke penjual? Dan akan masuk ke mana uang COD yang diterima kurir tersebut. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Untuk Anda yang tergolong penjual baru di Shopee memang wajar saja rasanya jika banyak pertanyaan yang masuk di benak Anda mengenai sistem COD ini.

Namun sebenarnya sistem COD di Shopee ini untuk penjual tidak serumit yang dibayangkan lho. Jadi mau menggunakan metode apapun untuk pembayarannya oleh pembeli maka hasil penjualan akan masuk ke saldo penjual.

Agar lebih mudah untuk mengerti, maka di sini kami menjelaskan dengan ilustrasi ya.

Contohnya ada pembeli yang memesan suatu produk di toko Anda dengan COD sebagai metode pembayarannya di tanggal 25 Agustus, sedangkan Anda melakukan pengiriman pesanan di hari yang sama.

Setelah itu, pada tanggal 27 Agustus, pembeli telah menerima pesanannya di toko Anda dan ia juga telah membayar paket tersebut melalui COD ke kurir.

Setelah pembeli menganggap pesanannya sudah lengkap semua dan tidak ada kekurangan sedikit pun, maka ia akan klik Pesanan Diterima di aplikasi Shopee-nya.

Jika opsi Pesanan Diterima sudah diklik pembeli, nanti secara otomatis Shopee akan meneruskan pembayaran pembeli ke saldo penjualan Anda.

Namun bagaimana jika pembeli tidak klik Pesanan Diterima di Shopee-nya? Apakah COD Shopee tidak meneruskan pembayaran ke penjual?

Jawabannya adalah pasti dibayarkan hanya saja jika pembeli tidak klik Pesanan Diterima maka penjual harus menunggu selama 7 hari sejak barang sampai ke alamat pembeli agar dana penjualan diterima.

Jasa Kirim yang Mendukung Shopee COD?

Sistem pembayaran COD di Shopee untuk penjual yang tersedia sebetulnya sama ya dengan sistem pembayaran yang lain.

Namun dari cara kerja serta pencairan dananya memiliki regulasi yang berbeda-beda setiap jasa kirim.

Selain itu, khusus untuk metode pembayaran COD, hanya terdapat beberapa jasa kirim saja yang dapat digunakan jika Anda ingin mengaktifkan sistem COD di Shopee untuk seller atau penjual.

Apa saja jasa kirim yang mendukung sistem COD ini? Untuk metode COD ini bisa dipilih oleh pembeli jika menggunakan Shopee Express dan juga J&T untuk ekspedisi pengiriman paket di toko Anda.

Yang mana kedua jasa kirim tersebut mempunyai area jangkauan yang berbeda ya. Untuk J&T COD Shopee dapat menggunakan J&T Express dengan jangkauan area di seluruh Indonesia sedangkan untuk J&T Economy hanya menjangkau area tertentu saja.

Lalu untuk jasa kirim Shopee Express bisa menggunakan layanan Shopee Express Standard serta Shopee Express Hemat, keduanya memiliki area jangkauan pengiriman paket yang berbeda-beda.

Agar bisa melihat area jangkauan COD dari Shopee Express Standard dan Shopee Express Hemat maka Anda bisa langsung mengeceknya pada website Pusat Edukasi Penjual Shopee.

Apa saja Kriteria Penjual COD Shopee?

Selain cara menonaktifkan sistem COD di Shopee, Anda juga perlu mengetahui bagaimana kriteria penjual COD Shopee yang baik.

Karena sudah pasti tidak boleh sembarangan mengaktifkan fitur COD di Shopee ini. Anda wajib memperhatikan dengan seksama bagaimana performa toko terhadap tingkat penolakan dari pesanan COD di Shopee.

Jika pesanan COD penolakannya tinggi dalam 30 hari terakhir, maka Shopee akan memberikan peringatan.

Kalau peringatan yang diberikan Shopee ini diabaikan dan toko tidak memperbaikinya dalam waktu 30 hari, maka Shopee akan menonaktifkan fitur COD di toko tersebut. Tentu Shopee memberlakukan hal ini demi kenyamanan bersama ya.

Apa Keuntungan COD untuk Penjual?

Sistem pembayaran COD di Shopee untuk pembeli tentu akan sangat memudahkan untuk orang-orang yang tidak memiliki rekening bank.

Tapi apakah ada keuntungan sistem COD yang didapatkan oleh penjual? Tentunya ada, di mana keuntungan yang paling terlihat dan bisa dirasakan yaitu bisa meningkatkan jumlah pembeli jika fitur COD ini diaktifkan.

Jika kita mengaktifkan fitur COD maka calon pembeli pun semakin meningkat karena mereka akan dimudahkan dalam hal pembayaran paket di toko Anda.

Karena ada beberapa pembeli yang memang kurang tertarik dengan toko jika toko tersebut tidak memiliki fasilitas COD.

Dengan demikian kemungkinan besar pembeli akan beralih untuk membeli di toko Anda ya.

Selain itu, keberadaan fitur COD ini memang lebih cenderung diminati oleh sebagian besar pembeli yang tidak memiliki mobile banking, tempat tinggal mereka jauh dari minimarket untuk membayar paket, atau jarak rumah yang jauh dengan mesin ATM.

Sehingga fitur COD tersebut sangat memudahkan para pembeli ketika mereka melakukan transaksi di Shopee dan marketplace lainnya.

Uang COD Shopee Masuk Ke Mana?

Seperti yang dijelaskan tadi, sama halnya dengan metode pembayaran lain yaitu dana penjualan dengan metode bayar COD akan masuk ke saldo penjual Anda.

Sedangkan untuk mencairkan dana penjualan Shopee dengan sistem pembayaran COD juga sama layaknya metode bayar yang lain.

Bagaimana jika COD Shopee Tidak Dibayar?

Jika pengiriman gagal dilakukan, tentunya jasa kirim yang sudah ditentukan akan melakukan pengiriman ulang, tentu dengan batas waktu dan batas jumlah pengiriman ulang yang sesuai dengan ketentuan jasa kirim ya.

Jika pengiriman ulang ini sudah mencapai batas yang ditetapkan jasa kirim atau bahkan pesanan ditolak pembeli saat ditempat, maka barang tersebut langsung dikirimkan lagi ke penjual tanpa adanya biaya tambahan.

Ada beberapa hal yang perlu dicatat untuk penggunaan Shopee COD:

  • Jika Anda ingin konfirmasi pengiriman ulang ke jasa kirim maka bisa langsung menghubungi pihak jasa kirim.
  • Jika barang rusak atau hilang ketika pengiriman, maka ikuti langkah-langkah untuk proses ganti rugi sesuai dengan ketentuan pengiriman yang berlaku.
  • Jika barang gagal dikirim ke pembeli karena pembeli menolak atau tidak bisa dihubungi sehingga barang dikembalikan ke penjual, maka pembeli dan penjual tidak perlu menanggung ongkir (khusus untuk Shopee).
  • Jika penjual belum mendapat pesanan yang dikembalikan padahal status pengembalian pesanan telah berhasil dikirim maka hubungi Agen drop off point atau ke Jasa kirim, atau agen drop off point terdekat.

Kesimpulan

Itulah cara menonaktifkan sistem COD di Shopee, jika Anda merasa banyak dikecewakan dengan fitur COD ini maka jangan ragu untuk menonaktifkannya ya.

Baca Juga: