Cara Mengganti Mesin Pencari Default di Google Chrome Android

Google sendiri merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia ya.

Google Search adalah mesin pencari default (bawaan) pada browser Google Chrome, termasuk juga dengan Google Chrome untuk perangkat Android.

Meskipun begitu, Anda dapat menggantinya dengan mesin pencari lain, bagaimana caranya ya?

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai cara mengganti mesin pencari default di Google Chrome Android.

Simak ulasannya hingga usai ya!

Bagaimana Cara Mengganti Browser Default?

Kita semua mengetahui bahwa Google Chrome merupakan peramban yang begitu populer dan banyak sekali digunakan oleh orang-orang dalam hal mengunjungi situs.

Dari namanya saja kita sudah mengetahui bahwa Google Chrome langsung dikembangkan oleh perusahaan internet raksasa yaitu Google.

Ada beragam alasan mengapa Google Chrome begitu banyak yang meminatinya, seperti memiliki kecepatan dan juga tingkat keamanan yang tinggi.

Memang untuk secara default-nya, search engine yang dipakai oleh Google Chrome adalah Google, sehingga setiap kali Anda ingin melakukan pencarian pada omnibar maka search engine yang digunakan ialah Google.

Nah, untuk cara mengganti mesin pencari default di Google Chrome Android bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama silakan buka aplikasi Google Chrome.
  2. Ketuk tombol menu (ikon tiga titik vertikal) di kanan atas.
    Cara Ganti Mesin Pencari Default Di Google Chrome Android Img 1
  3. Ketuk menu Settings / Pengaturan.
    Cara Ganti Mesin Pencari Default Di Google Chrome Android Img 2
  4. Ketuk menu Search engine pada bagian Basics.
    Cara Ganti Mesin Pencari Default Di Google Chrome Android Img 3
  5. Di bagian ini Anda bisa menentukan mesin pencari default (bawaan) Anda.
    Cara Ganti Mesin Pencari Default Di Google Chrome Android Img 4

Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome

Usai mengetahui bagaimana cara mengganti mesin pencari default di Google Chrome Android maka di pembahasan selanjutnya kita akan tahu kelebihan dan kekurangan dari Google Chrome.

Kita menyadari bahwa kebutuhan akan informasi membuat banyak sekali orang bergantung dengan Chrome yang merupakan salah satu produk dari Google.

Chrome sendiri adalah situs web pencari yang begitu populer di dunia, dengan search engine tersebut maka siapa saja bisa mendapatkan apapun informasi yang mereka inginkan.

Sebenarnya tidak hanya Google Chrome saja, ada banyak sekali pilihan lain mesin pencari di dunia dan Anda bisa memilih mana yang sesuai keinginan.

Namun mengapa Google Chrome sendiri begitu populer ya? Nah untuk menjawab tentang pertanyaan tersebut maka ketahui yuk kelebihan dan kekurangan Chrome yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Kelebihan Google Chrome

Ada segudang kelebihan dari Google Chrome, antara lain sebagai berikut ini:

1. Memiliki Sistem Keamanan yang Baik

Google Chrome memiliki sistem keamanan yang baik sehingga para penggunanya tidak perlu khawatir akan berbagai situs malware yang berbahaya, hal ini karena Google Chrome akan mengingatkan ke para penggunanya melalui notifikasi.

Tidak hanya memberikan notifikasi saja, ada juga incognito yang menjadi mode penyamaran untuk menyembunyikan cookies, riwayat pencarian, atau formulir otomatis.

Yang tentunya mode tersebut sangat dibutuhkan ketika Anda sedang browsing menggunakan perangkat milik orang lain.

2. Aspek Tampilan

Tidak hanya aman, Google Chrome juga memiliki tampilan web yang sederhana dan nyaman untuk digunakan karena bebas akan iklan yang mengganggu.

Meskipun dibuat dengan desain yang minimalis, namun tak meninggalkan kesan modern dengan sentuhan desain banner yang lucu dan unik sebagai pengingat dari perayaan besar yang ada di seluruh dunia, keren ya?

3. Aspek Fitur

Nyatanya Chrome sendiri bukan hanya sekedar search engine biasa, karena semua kebutuhan yang Anda perlukan bisa terpenuhi hanya dengan sekali klik saja dengan memanfaatkan beragam fitur keren di dalamnya.

Contohnya saja untuk fitur bahasan, Google akan menerjemahkan bahasa asing di suatu halaman web yang tidak dimengerti pengguna ke bahasa yang Anda inginkan dengan waktu yang begitu cepat atau bisa dengan menyalinnya terlebih dahulu ke Google Translate.

Tidak hanya itu saja, Chrome juga telah menyediakan ekstensi downloader untuk pengunduhan cepat suatu file media.

Khusus untuk file berjenis PDF maka Chrome sudah menyediakan PDF Viewer sehingga pengguna akan melihat isi file-nya sebelum memutuskan untuk mengunduhnya.

Selain file media yang ditampilkan, Chrome bisa mengolah suara dengan Voice Search, fitur ini sangat berguna jika Anda sedang malas mengetik.

4. Aspek Performa

Sedangkan mengenai performanya, Chrome memang lebih cepat dibandingkan dengan search engine lainnya.

Hal ini dibuktikan dari ketika kita mengetik maka Chrome bisa langsung memberikan Anda banyak saran keyword atau kata kunci.

Sebanyak apapun Anda masuk ke situs web, Chrome memiliki kecepatan yang tetap konsisten. Karena Google mengkompres gambar sehingga penjelajahan di internet jadi jauh lebih cepat.

Kekurangan Google Chrome

Di samping beragam kelebihan yang dimiliki, ternyata Chrome juga mempunyai beberapa kekurangan seperti berikut ini:

1. Kustomisasi Terbatas

Kekurangan yang pertama adalah Chrome memiliki kustomisasi yang terbatas, dengan demikian Chrome tidak mengizinkan penyesuaian tertentu seperti yang terdapat pada browser lainnya.

2. Chrome Menggunakan Banyak Memori

Sedangkan kekurangan yang kedua yaitu Chrome menggunakan banyak memori, hal ini dikarenakan Chrome cukup sering menghasilkan file sampah sehingga data aplikasi pun jadi membesar.

Tapi Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini karena Anda bisa membersihkan sampah riwayat pencarian serta data cache pada pengaturan sehingga memori yang sebelumnya terpakai bisa dikembalikan.

Jadi dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa kelebihan yang dimiliki oleh Google Chrome memang lebih banyak dibandingkan dengan kekurangannya, dan setiap search engine lain pun pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Google Chrome juga bisa digunakan pada banyak sistem operasi (OS) seperti Linux, Chrome OS, iOS, perangkat Android, Windows, dan juga MacOS.

Kesimpulan

Anda bisa menerapkan cara mengganti mesin pencari default di Google Chrome Android melalui cara di atas.

Silakan terapkan langkah-langkahnya ya, selamat mencoba!

Baca Juga:


Leave a Comment