Di Mana WhatsApp Menyimpan File Gambar dan Foto?

Di mana WhatsApp menyimpan file gambar dan foto?

Pada perangkat Android, file gambar dan foto WhatsApp secara default disimpan di Penyimpanan Internal > WhatsApp > Media > WhatsApp Images, baik gambar dan foto yang Anda kirimkan kepada orang lain maupun gambar dan foto yang Anda terima.

Sementara itu, iOS tidak mengelola file dengan cara yang sama seperti Android. Anda tidak dapat menggunakan aplikasi File Manager bawaan untuk mengakses file WhatsApp. Namun, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Dr. Fone untuk mengakses file WhatsApp melalui komputer dengan terlebih dahulu menghubungkan perangkat iOS Anda dengan komputer.

Bagaimana cara membuka/mengakses file gambar dan foto WhatsApp

Pada perangkat Android, Anda dapat menggunakan aplikasi File Manager untuk membuka atau mengakses file gambar dan foto WhatsApp. Anda dapat menggunakan aplikasi File Manager bawaan ataupun aplikasi File Manager pihak ketiga.

Berikut penulis tunjukkan bagaimana cara mengakses file gambar dan foto WhatsApp menggunakan aplikasi File Manager. Dalam contoh, penulis menggunakan aplikasi File Manager pihak ketiga, yaitu Files by Google.

  1. Buka aplikasi File Manager.
  2. Jika Anda menggunakan aplikasi Files by Google, pilih menu Jelajahi di bagian bawah.
  3. Pilih Penyimpanan Internal.
    Di Mana Whatsapp Menyimpan File Gambar Dan Foto Img 1
  4. Gulir turun halaman kemudian ketuk folder WhatsApp.
    Di Mana Whatsapp Menyimpan File Gambar Dan Foto Img 2
  5. Selanjutnya, ketuk folder Media.
    Di Mana Whatsapp Menyimpan File Gambar Dan Foto Img 3
  6. Ketuk folder WhatsApp Images.
    Di Mana Whatsapp Menyimpan File Gambar Dan Foto Img 4

Apa saja yang ada di dalam folder WhatsApp Images?

Folder WhatsApp Images menyimpan semua gambar dan foto yang Anda terima, kirimkan, dan juga yang disembunyikan dari aplikasi multimedia. Perhatikan gambar berikut ini:

Di Mana Whatsapp Menyimpan File Gambar Dan Foto Img 5

Folder Private menyimpan file media berupa gambar dan foto yang akan disembunyikan dari aplikasi multimedia. Saat Anda menonaktifkan opsi untuk menampilkan file media di galeri maka setiap foto yang Anda terima di WhatsApp akan disimpan di dalam folder Private. Anda dapat membaca penjelasannya secara lengkap dalam artikel Apa Itu Folder Private di WhatsApp?.

Folder Sent menyimpan file gambar dan foto yang Anda kirimkan kepada orang lain di WhatsApp. Dalam hal visibilitas, file di dalam folder ini sama seperti file di dalam folder Private, yaitu sama-sama akan disembunyikan dari aplikasi multimedia.

Sementara itu, semua file gambar dan foto yang tidak berada di dua folder tersebut, yaitu Private dan Sent adalah file gambar dan foto yang Anda terima atau yang dikirimkan orang lain kepada Anda. File gambar dan foto ini secara default tidak akan disembunyikan dari aplikasi multimedia.

Bagaimana cara menyembunyikan gambar dan foto WhatsApp dari galeri ponsel?

Cara paling mudah menyembunyikan gambar dan foto WhatsApp dari galeri adalah dengan menonaktifkan opsi untuk menampilkan file media di galeri. Baca panduannya secara lengkap dalam artikel 3 Cara Sembunyikan Foto WhatsApp dari Galeri.

Adakah cara yang lebih mudah dalam mengakses file gambar dan foto WhatsApp?

Banyaknya file serta folder yang muncul saat menggunakan aplikasi File Manager dapat membuat sebagian pengguna merasa tidak nyaman. Solusinya, Anda dapat menggunakan aplikasi Cleaner for WhatsApp untuk mengelola file WhatsApp.

Berbeda dengan aplikasi File Manager, Cleaner for WhatsApp hanya akan menampilkan folder serta file yang berhubungan dengan WhatsApp. Setelah diinstal dan memilih direktori folder WhatsApp yang benar, aplikasi akan langsung menampilkan daftar folder WhatsApp di halaman utamanya.

Di Mana Whatsapp Menyimpan File Gambar Dan Foto Img 6

Anda dapat mengakses serta mengelola file gambar dan foto WhatsApp melalui folder Images langsung di halaman utama aplikasi ini.

Apa yang terjadi jika saya menghapus file gambar dan foto di dalam folder WhatsApp Images?

Jika Anda menghapus file gambar dan foto WhatsApp di dalam folder WhatsApp Images maka file tersebut tidak akan lagi tersedia di ponsel Anda. Bagaimanapun, jika obrolan WhatsApp yang memuat file gambar serta foto tersebut belum dihapus, Anda dapat mengunduhnya kembali dan file gambar atau foto akan kembali tersedia di folder WhatsApp Images.

Bagaimana cara mengembalikan file gambar dan foto yang sudah saya hapus?

Selama Anda belum menghapus atau membersihkan obrolan yang memuat file gambar serta foto yang dihapus, Anda masih bisa mengembalikannya. Caranya, unduh kembali file gambar atau foto yang telah dihapus dengan cara mengetuk gambar atau foto di layar obrolan.

Cara lain adalah memulihkan file gambar serta foto melalui file cadangan WhatsApp. Jika sebelumnya Anda sudah pernah melakukan pencadangan (backup) file media WhatsApp, gunakan file cadangan tersebut untuk memulihkan data, termasuk file media yang sudah dihapus.

Apa yang terjadi jika saya menghapus folder WhatsApp Images?

Jika Anda tidak sengaja menghapus folder WhatsApp Images, semua file gambar serta foto di dalamnya akan ikut terhapus. Meski begitu, WhatsApp akan membuat kembali folder WhatsApp Images secara otomatis saat Anda mencoba mengirimkan gambar atau seseorang mengirimi Anda gambar di WhatsApp.

Namun, kembalinya folder WhatsApp Images tidak akan disertai file gambar serta foto yang sudah terhapus sebelumnya. Dengan kata lain, Anda tetap akan kehilangan file gambar serta foto di folder WhatsApp Images lama.

Bisakah saya menyimpan file gambar dan foto WhatsApp di folder lain?

Anda dapat memindahkan file media, termasuk file gambar serta foto ke folder atau lokasi lain. Namun, cara ini tidak berarti Anda telah mengubah lokasi penyimpanan default file gambar dan foto WhatsApp. Dalam hal ini, WhatsApp tetap akan menyimpan file gambar dan foto yang Anda kirimkan dan yang Anda terima di lokasi yang sama.

Bagaimana cara mengubah lokasi penyimpanan default file gambar dan foto WhatsApp?

Jika perangkat Android Anda sudah di-root, Anda dapat menggunakan modul Xposed Framework bernama XInternalSD untuk mengubah lokasi penyimpanan default file gambar serta foto WhatsApp, termasuk mengubah lokasi penyimpanan default folder media WhatsApp lainnya.

Cara lain adalah dengan menggunakan aplikasi FolderMount. Perlu diingat, sama seperti modul di atas, aplikasi FolderMount membutuhkan hak akses root untuk dapat bekerja.

Untuk perangkat Android non-root, gunakan aplikasi Photo & File Redirect. Namun, berdasarkan informasi dari beberapa sumber, aplikasi tersebut hanya bekerja di Android 4.4 atau versi yang lebih lama.

Baca Juga:


Leave a Comment