Apa Itu Folder Private di WhatsApp?

Apa itu folder Private di WhatsApp?

Folder Private adalah bagian dari fitur yang sebenarnya masih terbilang baru diperkenalkan di aplikasi WhatsApp untuk Android. Folder Private memungkinkan pengguna menyembunyikan file media yang diunduh dari semua atau obrolan tertentu dari galeri.

Apa Itu Folder Private Di Whatsapp Img 1

Folder Private bisa ditemukan di dalam sebagian besar folder media WhatsApp yang secara default berlokasi di Penyimpanan Internal > WhatsApp > Media, di antaranya:

  • WhatsApp Animated Gifs
  • WhatsApp Audio
  • WhatsApp Documents
  • WhatsApp Images
  • WhatsApp Video

Apa Itu Folder Private Di Whatsapp Img 2

Bagaimana cara kerja folder Private dalam menyembunyikan file?

Folder Private berisi file bernama .nomedia. Di Android, keberadaan file .nomedia menandakan semua file media yang berada satu direktori dengannya tidak akan ditampilkan oleh aplikasi multimedia, seperti aplikasi galeri dan pemutar musik.

Apa Itu Folder Private Di Whatsapp Img 3

File NOMEDIA atau .nomedia pada dasarnya merupakan file kosong yang akan memberitahu aplikasi multimedia, seperti galeri dan pemutar musik untuk melewati folder yang ditempatinya dari pemindaian. Dengan kata lain, file NOMEDIA akan membuat folder yang ditempatinya lolos dari pemindaian aplikasi multimedia.

Selain di folder Private, file NOMEDIA juga bisa ditemukan di folder Sent, yaitu folder berisi file media yang Anda kirimkan kepada orang lain di WhatsApp. WhatsApp memang tidak perlu menampilkan file media yang Anda kirimkan di galeri atau aplikasi multimedia lainnya karena pada dasarnya itu adalah file yang berasal dari ponsel Anda sendiri.

Apa Itu Folder Private Di Whatsapp Img 4

Dengan demikian, fungsi file NOMEDIA di folder Sent adalah untuk menghindari duplikasi file media di galeri dan aplikasi multimedia lainnya.

Bagaimana cara memindahkan file media WhatsApp ke dalam folder Private?

Secara teori, jika Anda ingin menyembunyikan file media WhatsApp dari galeri atau aplikasi multimedia lainnya maka Anda perlu memindahkan file tersebut ke folder Private. Namun, secara teknis Anda tidak perlu benar-benar memindahkannya sendiri.

WhatsApp sudah menyediakan opsi untuk menyembunyikan file media dari galeri. Anda hanya perlu mengaktifkan opsi tersebut dan file media pun secara otomatis akan dipindahkan ke folder Private dan disembunyikan dari aplikasi multimedia.

Baca juga: 3 Cara Sembunyikan Foto WhatsApp dari Galeri

Anda dapat mengaktifkan opsi ini untuk menyembunyikan file media yang diunduh dari semua obrolan, obrolan tertentu, atau grup tertentu. Untuk menyembunyikan file media yang diunduh dari semua obrolan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk tombol menu (ikon tiga titik vertikal) di kanan atas layar utama WhatsApp.
    Apa Itu Folder Private Di Whatsapp Img 5
  3. Pilih menu Setelan.
    Apa Itu Folder Private Di Whatsapp Img 6
  4. Pilih menu Chat.
    Apa Itu Folder Private Di Whatsapp Img 7
  5. Matikan toggle di samping Tampilkan media.
    Apa Itu Folder Private Di Whatsapp Img 8

Untuk menyembunyikan file media yang diunduh dari obrolan tertentu atau grup tertentu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp kemudian buka obrolan dengan kontak atau grup tertentu.
  2. Ketuk nama kontak/grup di bagian atas jendela obrolan.
    Apa Itu Folder Private Di Whatsapp Img 9
  3. Ketuk menu Tampilkan media.
    Apa Itu Folder Private Di Whatsapp Img 10
  4. Pilih Tidak lalu ketuk OKE.
    Apa Itu Folder Private Di Whatsapp Img 11

Perlu diingat, WhatsApp hanya akan menyembunyikan file media yang diunduh setelah Anda mengaktifkan opsi di atas. File media yang sudah ada sebelum Anda mengaktifkan opsi di atas akan tetap ditampilkan di galeri.

Apakah bisa saya memindahkan sendiri file ke dalam folder Private?

Jika Anda tahu bagaimana cara memindahkan file atau tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi File Manager, Anda dapat memindahkan file media WhatsApp ke folder Private secara manual.

Seperti yang telah dijelaskan, pengaktifan opsi untuk menyembunyikan file media dari galeri hanya akan menyembunyikan file media yang diunduh setelah opsi tersebut aktif. File media yang sudah ada sebelum opsi tersebut diaktifkan tetap akan ditampilkan di galeri.

Jika Anda ingin menyembunyikannya juga, Anda dapat memindahkan file-file media tersebut ke dalam folder Private secara manual.

Baca Juga: