Cara Root Emulator di NoxPlayer

Secara default, emulator di NoxPlayer dalam kondisi unrooted atau tidak di-root. Namun, Anda dapat dengan mudah me-root emulator melalui menu System settings > General settings > Startup items.

Selain melalui menu pengaturan emulator, System settings dapat diakses secara langsung melalui jendela Nox multi-instance manager, yaitu dengan membuka aplikasi Multi-Drive terlebih dahulu.

Apa yang Dimaksud dengan Me-root Emulator di NoxPlayer?

Mungkin Anda bingung, kenapa penulis menggunakan kalimat “me-root emulator di NoxPlayer”. Bukankah NoxPlayer itu adalah emulator? Kenapa tidak menggunakan kalimat “me-root NoxPlayer” saja?

Betul, NoxPlayer pada dasarnya adalah emulator untuk sistem operasi Android. Namun, perlu diingat bahwa NoxPlayer dapat menyimpan banyak emulator di dalamnya.

Melalui fitur multi-instance, NoxPlayer memungkinkan pengguna membuat banyak emulator. Masing-masing emulator dapat diatur untuk menggunakan versi Android yang berbeda.

Cara Root Emulator Noxplayer Img 4

Bahkan, Anda dapat menjalankan banyak emulator secara bersamaan dan masing-masing emulator akan berjalan di jendela yang terpisah.

Oleh karena itu, penggunaan istilah “emulator” di NoxPlayer sering kali merujuk pada emulator (secara individu) yang dibuat melalui fitur multi-instance.

Me-root emulator di NoxPlayer berarti me-root emulator secara individu. Sebagai contoh, jika Anda memiliki lima emulator di NoxPlayer, Anda dapat memilih untuk me-root dua di antarnya dan tiga sisanya dibiarkan dalam kondisi unrooted.

Baca juga: Cara Instal Android 7 Nougat di NoxPlayer

Cara Root Emulator di NoxPlayer

Me-root emulator dapat dilakukan melalui menu System settings. Namun, cara mengakses menu ini bisa berbeda tergantung apakah Anda hanya ingin me-root emulator secara individu atau me-root banyak emulator sekaligus.

Me-root Emulator secara Individu

  1. Buka/jalankan emulator NoxPlayer. Bisa dengan cara mengeklik shortcut NoxPlayer atau melalui aplikasi Multi-Drive dan mengeklik tombol play pada emulator yang dimaksud.
  2. Tunggu sampai layar Home Android terbuka.
  3. Klik tombol pengaturan (ikon roda gigi) di bagian atas.
    Cara Root Emulator Noxplayer Img 3
  4. Jendela System setting akan terbuka dan secara default akan menampilkan menu General settings. Centang kotak Root pada bagian Startup items di samping kanan kemudian klik tombol Save settings di bagian bawah untuk menyimpan pengaturan.
    Cara Root Emulator Noxplayer Img 2
  5. NoxPlayer mungkin akan meminta Anda untuk me-restart emulator.
  6. Setelah restart, emulator akan berjalan dalam mode root.

Me-root Banyak Emulator Sekaligus

Gunakan cara ini jika Anda ingin me-root banyak emulator sekaligus.

  1. Pada komputer Windows, tekan kombinasi tombol Win + S untuk membuka bilah penelusuran Windows. Ketikkan multi-drive lalu pilih aplikasi Multi-Drive yang muncul dalam daftar.
    Cara Root Emulator Noxplayer Img 7
  2. Jendela Nox multi-instance manager akan terbuka dan menampilkan daftar emulator yang Anda buat sebelumnya.
  3. Centang kotak emulator yang akan Anda root di kolom paling kiri kemudian klik tombol menu (ikon tiga titik horizontal) di bagian atas. Selanjutnya, pilih menu Batch settings.
    Cara Root Emulator Noxplayer Img 8
  4. Jendela System setting akan terbuka dan secara default akan menampilkan menu General settings. Aktifkan toggle di samping Startup items, centang kotak Root lalu klik tombol Save settings di bagian bawah untuk menyimpan pengaturan.
    Cara Root Emulator Noxplayer Img 9


Leave a Comment