Cara Tampilkan/Sembunyikan Ruler di Microsoft Word

Ada dua jenis ruler (penggaris) di Microsoft Word. Ruler horizontal dan ruler vertikal. Keduanya dapat ditampilkan dan disembunyikan dengan cara yang berbeda.

Mungkin Anda bingung, kenapa ruler di Microsoft Word Anda tidak muncul. Penyebabnya adalah, Microsoft Word sudah tidak lagi menampilkan ruler secara default. Jadi, Anda perlu menampilkannya sendiri.

Ruler di Microsoft Word membantu Anda mengontrol margin halaman dan indentasi paragraf. Ruler juga berguna untuk mengatur gambar, teks, dan elemen lainnya di dalam dokumen.

Saat Anda mencetak (print) dokumen, ruler dapat membantu memastikan apa yang Anda lihat di layar sama dengan apa yang akan Anda dapatkan saat halaman dicetak.

Menampilkan/Menyembunyikan Ruler Horizontal

  1. Pilih tab View kemudian pastikan Anda berada pada mode Prin Layout. Selanjutnya, centang kotak Ruler untuk menampilkan ruler horizontal.
    Tampilkan Sembunyikan Ruler Microsoft Word Img 1
  2. Ruler horizontal pun akan muncul di bagian atas dokumen Anda.
    Tampilkan Sembunyikan Ruler Microsoft Word Img 2
  3. Untuk menyembunyikan ruler horizontal, kembali ke bagian yang sama kemudian hapus centang dari kotek Ruler. Perlu diingat, menyembunyikan ruler horizontal otomatis akan menyembunyikan ruler vertikal.

Menampilkan/Menyembunyikan Ruler Vertikal

  1. Klik tab File di kiri atas.
    Tampilkan Sembunyikan Ruler Microsoft Word Img 3
  2. Klik menu Options di kiri bawah.
    Tampilkan Sembunyikan Ruler Microsoft Word Img 4
  3. Jendela Word Options akan terbuka. Klik menu Advanced di samping kiri kemudian pada bagian Display di samping kanan, centang kotak Show vertical ruler in Print Layout view. Klik OK di kanan bawah untuk menerapkan perubahan.
    Tampilkan Sembunyikan Ruler Microsoft Word Img 5
  4. Ruler vertikal pun akan muncul di bagian kiri dokumen Anda.
    Tampilkan Sembunyikan Ruler Microsoft Word Img 6
  5. Untuk menyembunyikan ruler vertikal, kembali ke bagian yang sama kemudian hapus centang dari kotek Show vertical ruler in Print Layout view. Klik OK untuk menerapkan perubahan.

Baca Juga: