Di Android, menyembunyikan file dapat dilakukan tanpa aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga.

Anda hanya perlu memanfaatkan fitur bawaan atau aplikasi file manager bawaan.

Meskipun tidak semua ponsel Android dilengkapi dengan fitur bawaan untuk mengunci serta menyembunyikan file, Anda masih bisa menggunakan aplikasi file manager bawaan sebagai gantinya.

Langsung saja, berikut adalah 2 cara menyembunyikan file di Android tanpa aplikasi tambahan.

Fitur Bawaan

Beberapa produsesn smartphone seperti Samsung, LG, dan Realme diketahui telah melengkapi produk mereka dengan fitur untuk mengunci serta menyembunyikan file.

Bagi Anda pengguna ponsel merek Oppo dan Vivo, mungkin Anda akan menemukan fitur yang sama seperti pada ponsel Realme mengingat ketiganya berada di bawah perusahaan induk yang sama.

Samsung

Jika Anda menggunakan ponsel Samsung yang menjalankan sistem operasi Android Nougat 7.0 atau yang lebih baru, Anda akan menemukan fitur bernama Secure Folder.

Fitur ini dapat digunakan untuk menyimpan file, termasuk foto pribadi Anda dan melindunginya menggunakan password.

Untuk mengonfigurasi fitur Secure Folder, buka menu Settings > Lock screen and security > Secure Folder. Anda akan diminta untuk login menggunakan akun Samsung Anda.

Setelah login, Anda dapat memilih metode pengamanan atau penguncian yang akan digunakan. Setelah selesai mengonfigurasi, Secure Folder dapat Anda akses melalui app drawer.

Untuk menyembunyikan file menggunakan Secure Folder, cukup buka Secure Folder melalui shortcut di app drawer kemudian ketuk Add Files.

LG

Catatan: Fitur Content Lock hanya tersedia di beberapa ponsel LG.

Pada beberapa ponsel LG, terdapat fitur bernama Content Lock. Hampir sama dengan fitur Secure Folder pada ponsel Samsung, fitur ini dapat digunakan untuk mengamankan sekaligus menyembunyikan file.

Saat pertama kali membuka fitur ini, Anda akan diminta untuk mengatur PIN, password, atau memindai sidik jari.

Berikutnya, buka galeri ponsel Anda. Pilih foto yang ingin Anda sembunyikan lalu ketuk Menu > More > Lock. Jika mau, Anda bahkan dapat mengunci sebuah folder.

Setelah memilih opsi Lock, file atau folder akan disembunyikan. Untuk membukanya kembali, ketuk Menu > Show Locked Files kemudian masukkan PIN, password, atau pindai sidik jari Anda, tergantung metode pengamanan apa yang Anda pilih di awal.

Realme

Bagi Anda pengguna ponsel Realme, gunakan fitur Private Safe untuk menyembunyikan sekaligus melindungi file dan foto.

Fitur ini dapat Anda temukan dengan membuka menu Settings > Privacy > Private Safe.

Dan jika ini adalah kali pertama Anda menggunakan Private Safe, Anda akan diminta untuk mengatur password. Atau jika sidik jari Anda sudah terdaftar di ponsel, Private Safe dapat langsung digunakan menggunakan sidik jari.

Setelah dibuka, pilih jenis file yang ingin disembunyikan, apakah foto, audio, dokumen, atau jenis file lainnya. Selanjutnya, ketuk ikon + di bagian kanan atas untuk mulai menambahkan file.

Pilih file yang ingin Anda sembunyikan lalu ketuk Done di bagian kanan atas.

Untuk memudahkan Anda mengakses fitur ini, pada halaman utama fitur ini, ketuk tombol menu di bagian kanan atas kemudian pilih Settings.

Selanjutnya, aktifkan toggle Home Screen Shortcut untuk menambahkan shortcut Private Safe ke home screen.

File Manager (Aplikasi Bawaan)

Jika ponsel Android Anda tidak dilengkapi dengan fitur untuk mengunci serta menyembunyikan file, gunakan aplikasi file manager bawaan sebagai gantinya.

Dalam tutorial ini, penulis menggunakan aplikasi Files bawaan pada ponsel Realme 2 Pro. Dengan menggunakan aplikasi file manager, menyembunyikan file dapat dilakukan melalui 2 cara.

Pertama, dengan membuat folder khusus dengan nama yang diawali tanda titik (.). Misalnya, .Pribadi atau .Rahasia.

Kedua, dengan menambahkan file .nomedia ke dalam folder berisi file yang ingin disembunyikan.

File serta folder dengan nama yang diawali tanda titik (.) secara default akan disembunyikan oleh sistem. Sebelum mencoba cari ini, sebaiknya aktifkan terlebih dahulu opsi untuk menyembunyikan file tersembunyi di aplikasi file manager Anda.

Membuat Folder Khusus

Buatlah folder baru lalu beri nama dengan diawali tanda titik (.). Misalnya .Pribadi atau .Rahasia.

Selanjutnya, pindahkan semua file yang ingin Anda sembunyikan ke folder khusus tersebut. Langkah terakhir, nonaktifkan kembali opsi untuk menampilkan file tersembunyi di aplikasi file manager Anda.

Pindahkan kembali file ke folder lain atau folder asalnya jika ingin mengembalikannya.

Membuat File .nomedia

Jika Anda tidak ingin memindahkan file ke folder khusus, buatlah file baru di dalam folder berisi file yang ingin disembunyikan lalu beri nama .nomedia.

Jika aplikasi file manager Anda tidak menyediakan opsi untuk membuat file baru, salin file mana saja lalu ubah namanya menjadi .nomedia.

Untuk mengembalikan file yang sudah disembunyikan, cukup hapus kembali file .nomedia.

Mobile

Android 10 Non Rooted
Files App v10 (Realme 2 Pro)

Shares
Notifikasi
Beritahu jika
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar