Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengunduh Status atau Story WhatsApp. Mulai dari mengambil tangkapan layar (screenshot), menggunakan aplikasi pihak ketiga, sampai menggunakan mod WhatsApp.

Praktik mengunduh Status bisa saja melanggar privasi pengguna lain dan juga kebijakan layanan. Mungkin itulah kenapa secara default WhatsApp tidak menyediakan opsi untuk mengunduh dan membagikan Status.

Untungnya, ada banyak metode yang bisa Anda lakukan. Dalam artikel ini, penulis akan membagikan setidaknya 5 cara untuk mengunduh Status WhatsApp.

Note

Terlepas dari metode mana yang Anda pilih, pemilik Status mungkin akan tahu bahwa Anda telah melihat Statusnya, tetapi mereka tidak akan tahu saat Anda mengunduh foto atau video dari Statusnya.

Ambil Tangkapan Layar (Screenshot)

Salah satu cara termudah untuk mengunduh Status WhatsApp adalah dengan mengambil tangkapan layar (screenshot). Cara ini tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga, karena baik itu Android maupun iPhone sudah mendukung fitur screenshot secara default.

Buka Status WhatsApp yang ingin Anda unduh kemudian tekan tombol Power dan Home secara bersamaan.

Kombinasi tombol yang harus ditekan bisa saja berbeda untuk masing-masing ponsel. Jika tombol Power dan Home tidak bekerja, mungkin Anda perlu menekan tombol Power dan Volume up/Volume down secara bersamaan.

Rekam Layar (Screen Recording)

Cara ini mirip dengan cara pertama di atas, Anda dapat menyimpan Status WhatsApp orang lain dengan cara merekam layar ponsel.

Cara ini juga tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga karena sebagian besar ponsel Android dan iPhone sudah mendukung fitur screen recording secara default.

iPhone

Di ponsel iPhone, merekam layar dapat dilakukan dengan membuka Control Center lalu pilih tombol Screen Recording (ikon bulatan putih). Ketuk dan tahan pada tombol tersebut kemudian ketuk ikon mikrofon untuk mengaktifkan perekaman suara juga.

Jika Anda tidak melihat tombol Screen Recording di Control Center, buka menu pengaturan ponsel Anda kemudian pilih menu Control Center. Aktifkan Screen Recording langsung dari sana.

Android

Sebagian besar ponsel Android sudah mendukung fitur merekam layar secara default. Buka layar yang memuat daftar aplikasi kemudian cari aplikasi bernama Screen Recording.

Download Status Whatsapp Img 1

Gunakan aplikasi tersebut untuk merekam layar kemudian buka Status WhatsApp yang ingin Anda unduh.

Jika aplikasi Screen Recording tidak tersedia secara default di ponsel Anda, gunakan salah satu aplikasi Screen Recording pihak ketiga di bawah ini.

Lihat File Status Lewat File Manager

Tahukah Anda, WhatsApp secara otomatis akan mengunduh foto atau video dari Status yang Anda lihat dalam 24 jam terakhir?

File foto dan video yang diunduh secara otomatis tersebut bisa Anda temukan di folder WhatsApp > Media > .Statuses.

Namun, mengingat folder .Statuses secara default disembunyikan oleh sistem, Anda perlu aplikasi File Manager yang mampu melihat/membuka file tersembunyi.

Dalam banyak kasus, aplikasi File Manager bawaan tidak punya kemampuan untuk membuka atau melihat file tersembunyi. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan aplikasi Files dari Google.

  1. Instal aplikasi Files di Play Store.
  2. WhatsApp hanya akan mengunduh foto dan video dari Status yang sudah Anda lihat. Untuk itu, buka Status yang ingin Anda unduh terlebih dahulu.
  3. Buka aplikasi Files.
  4. Ketuk tombol menu (ikon tiga garis horizontal) di sudut kiri atas kemudian pilih menu Settings.
  5. Pada bagian BROWSE, aktifkan toggle di samping Show hidden files.
    Download Status Whatsapp Img 4
  6. Kembali ke layar utama aplikasi File. ketuk Internal storage pada bagian STORAGE DEVICES.
    Download Status Whatsapp Img 5
  7. Cari folder bernama WhatsApp. Aplikasi Files akan mengurutkan folder berdasarkan abjad, Anda dapat menemukan folder WhatsApp dengan menggulir turun halaman.
    Download Status Whatsapp Img 6
  8. Selanjutnya, pilih folder Media.
    Download Status Whatsapp Img 7
  9. Pilih folder .Statuses.
    Download Status Whatsapp Img 8
  10. Foto atau video dari Status yang sudah Anda lihat di WhatsApp akan ditampilkan.
  11. Agar ditampilkan di galeri ponsel, Anda perlu menyimpan salinan foto atau video tersebut di luar folder WhatsApp. Ketuk tombol menu di samping foto atau video lalu pilih Copy to.
  12. Pilih folder mana saja. Dalam contoh, penulis memilih folder Internal Storage > Download. Ketuk tombol Copy here saat sudah berada di folder Download.
  13. Periksa dengan cara membuka galeri di ponsel Anda. Pilih menu Albums > All.
    Download Status Whatsapp Img 14

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika menurut Anda cara ketiga di atas cukup sulit untuk dipraktikkan, gunakan aplikasi pihak ketiga sebagai gantinya.

Ada banyak aplikasi di Play Store yang memungkinkan Anda untuk mengunduh Status di WhatsApp. Salah satu yang cukup populer adalah Status Saver – Pic/Video Downloader for WhatsApp.

Aplikasi Status Saver – Pic/Video Downloader for WhatsApp tersedia secara gratis dengan nilai dan ulasan yang cukup baik di Play Store. Berikut bagaimana cara menggunakannya untuk mengunduh Status WhatsApp.

  1. Instal Status Saver – Pic/Video Downloader for WhatsApp di Play Store.
    Download Status Whatsapp Img 15
  2. Buka/lihat Status yang ingin Anda unduh di WhatsApp terlebih dahulu.
  3. Buka aplikasi Status Saver, ketuk tombol START kemudian berikan aplikasi izin untuk mengakses file media di ponsel Anda.
  4. Status WhatsApp yang sudah Anda lihat akan muncul di bagian RECENT. Jika tidak muncul, pastikan Anda sudah melihat/membuka Status tersebut di WhatsApp. Ketuk tombol Download di bawah foto atau video yang ingin Anda unduh.
    Download Status Whatsapp Img 18
  5. Foto atau video yang sudah diunduh akan muncul di bagian SAVED. Di galeri, Anda bisa menemukan foto atau video yang sudah diunduh dengan membuka Albums > WhatsApp.

Selain aplikasi Status Saver – Pic/Video Downloader for WhatsApp, masih banyak aplikasi serupa yang bisa Anda gunakan untuk mengunduh Status WhatsApp. Berikut penulis sertakan beberapa sebagai alternatif.

Gunakan Mod WhatsApp

Mod WhatsApp, seperti GBWhatsApp, YoWhatsApp, WhatsApp Plus, dan FMWhatsApp secara default sudah memiliki kemampuan untuk mengunduh Status WhatsApp.

Berikut penulis perlihatkan bagaimana mudahnya mengunduh Status WhatsApp menggunakan mod WhatsApp. Dalam contoh, penulis menggunakan aplikasi GBWhatsApp.

  1. Download dan instal aplikasi GBWhatsApp. Anda dapat menginstalnya tanpa perlu menghapus aplikasi WhatsApp. Selama nomor yang digunakan berbeda, GBWhatsApp dapat digunakan bersamaa dengan aplikasi WhatsApp dalam satu perangkat.
  2. Buka aplikasi GBWhatsApp.
  3. Buka bagian Status.
    Download Status Whatsapp Img 20
  4. Ketuk pada Status yang ingin Anda unduh.
    Download Status Whatsapp Img 21
  5. Ketuk tombol Download di sudut kanan bawah.
    Download Status Whatsapp Img 22
  6. Pilih Save.
    Download Status Whatsapp Img 23
  7. Itu saja. Status yang sudah diunduh bisa ditemukan di galeri ponsel dengan membuka Albums > GBWhatsApp_Statuses.
    Download Status Whatsapp Img 25

Mobile

Android 10 Non Rooted
WhatsApp 2.21.16.5
Status Saver for WhatsApp 2.2
GBWhatsApp 11.80

Shares
"Tidak sedang berpuisi"
Notifikasi
Beritahu jika
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar