Kapan Microsoft Menghentikan Dukungan Windows 10?

Kapan Microsoft menghentikan dukungan Windows 10?

Berdasarkan informasi di halaman Lifecycle, Microsoft secara resmi akan menyediakan dukungan untuk Windows 10 Home, Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise, dan Windows 10 Education sampai 14 Oktober 2025.

Pada saat itu, semua edisi reguler Windows 10 untuk desktop akan mencapai status akhir masa pakainya, yang berarti edisi tersebut tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan dari Microsoft.

Sementara Windows LTSC, yaitu versi khusus untuk bisnis yang membutuhkan dukungan jangka panjang akan menerima pembaruan sampai 9 Januari 2029.

Kapan Windows 10 akan berhenti menerima pembaruan keamanan?

Seperti yang telah disebutkan di atas, Windows 10 Home, Pro, Enterprise, dan Education tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan setelah 14 Oktober 2025. Sementara Windows LTSC, yaitu versi khusus untuk bisnis yang membutuhkan dukungan jangka panjang akan menerima pembaruan keamanan sampai 9 Januari 2029.

Setelah pembaruan keamanan dihentikan, setiap kerentanan baru yang ditemukan di Windows 10 mungkin tidak akan diperbaiki atau ditambal (patched) oleh pihak Microsoft walaupun dalam beberapa kasus langka pernah terjadi pengecualian.

Pada intinya, Anda tidak dapat mengandalkan sisi keamanan untuk versi yang sudah tidak menerima pembaruan. Praktik terbaik adalah meng-upgrade Windows Anda ke Windows 11 pada Oktober 2025.

Sampai kapan saya bisa menggunakan Windows 10?

Dihentikannya pembaruan Windows 10 oleh Microsoft tidak berarti Windows 10 di komputer Anda akan berhenti bekerja. Secara teknis, Anda masih bisa menggunakan Windows 10 meskipun dukungan pembaruan dari Microsoft telah berakhir. Meski begitu, tetap menggunakan Windows 10 setelah dukungan pembaruan berakhir bukanlah ide baik.

Sistem komputer Anda berisiko terpapar masalah keamanan. Serangan phishing yang semakin canggih, eksploitasi jarak jauh, dan ransomware yang mulai umum akhir-akhir ini. Bagi kebanyakan orang, tetap menggunakan sistem yang sudah tidak lagi menerima pembaruan keamanan taruhannya terlalu besar.

Jadi, lebih baik lakukan upgrade saat Anda siap. Setidaknya, Anda punya waktu sampai tahun 2025, yaitu ketika Microsoft menghentikan dukungan untuk Windows 10.

Baca Juga:


Leave a Comment