Watermark Test Mode yang muncul di sudut kanan bawah layar desktop menandakan fitur Driver Signature Enforcement telah dinonaktifkan. Tanda ini dapat dihilangkan melalui 3 cara sederhana.

Watermark Test Mode Windows 10 Img 1

Apa Itu Test Mode?

Windows 8 dan 10 versi 64-bit menyertakan fitur bernama Driver Signature Enforcement yang aktif secara default. Fitur ini akan mencegah instalasi driver tidak resmi atau driver yang tidak ditandatangani secara digital oleh Microsoft.

Jika driver tidak resmi sudah terinstal sebelumnya, fitur Driver Signature Enforcement akan mencegah Windows untuk memuat atau menjalankan driver tersebut.

Menonaktifkan fitur ini berarti memungkinkan Anda untuk menginstal driver tidak resmi sekaligus membuat sistem masuk dalam kondisi Test Mode.

Dalam banyak kasus, menonaktifkan Driver Signature Enforcement harus dilakukan secara manual, yaitu melalui perintah Command Prompt atau menu booting. Namun, instalasi driver tertentu bisa saja menonaktifkan fitur ini secara otomatis.

Dengan demikian, saat di sudut kanan bawah layar desktop Anda muncul watermatk Test Mode, hal ini menandakan fitur Driver Signature Enforcement telah dinonaktifkan, baik secara sengaja ataupun tidak.

Untuk menghilangkan tanda ini, Anda perlu mengaktifkan kembali Driver Signature Enforcement.

Hilangkan Watermark Test Mode dengan Cara Restart

Jika sebelumnya Anda menonaktifkan Driver Signature Enforcement melalui menu booting, mengaktifkannya kembali dapat dilakukan dengan cara me-restart komputer. Setelah restart, watermark Test Mode akan hilang dengan sendirinya.

Hilangkan Watermark Test Mode Lewat Command Prompt

Cara cepat untuk mengaktifkan kembali Driver Signature Enforcement adalah melalui perintah di Command Prompt.

  1. Tekan tombol Win + S untuk membuka jendela penelusuran kemudian ketikkan cmd.
    Watermark Test Mode Windows 10 Img 2
  2. Klik kanan pada Command Prompt yang muncul di hasil pencarian kemudian pilih Run as administrator.
    Watermark Test Mode Windows 10 Img 3
  3. Pada jendela Command Prompt, ketikkan perintah bcdedit /set testsigning off lalu tekan Enter.
    Watermark Test Mode Windows 10 Img 4
  4. Jika berhasil, akan muncul pesan The operation completed successfully.
    Watermark Test Mode Windows 10 Img 5
  5. Tutup Command Prompt lalu periksa apakah tanda air (watermark) Test Mode masih muncul di sudut kanan bawah layar desktop Anda. Jika ya, restart komputer dan watermark pun akan hilang.
  6. Jika perintah di atas tidak bekerja, ketikkan perintah bcdedit.exe -set loadoptions ENABLE_INTEGRITY_CHECKS terlebih dahulu dilanjutkan dengan perintah bcdedit /set testsigning off.

Note

Jika perintah di atas memunculkan pesan protected by Secure Boot policy, artinya Secure Boot dalam kondisi aktif. Ini biasa terjadi pada motherboard yang sudah mendukung UEFI. Anda perlu menonaktifkannya terlebih dahulu untuk dapat masuk ke kondisi Test Mode.

Hilangkan Watermark Test Mode tanpa Mengaktifkan Driver Signature Enforcement

Menghilangkan watermark Test Mode tidak selalu berarti mengaktifkan kembali fitur Driver Signature Enforcement. Melalui sebuah tool ringan, Anda dapat menghilangkan watermark Test Mode tanpa perlu mengaktifkan Driver Signature Enforcement.

  1. Download Universal Watermark Disabler.
  2. Ekstrak file ZIP hasil download kemudian klik dua kali pada file .exe untuk menginstalnya.
  3. Jika muncul jendela konfirmasi, klik Yes untuk melanjutkan.
  4. Akan muncul jendela yang memberi tahu Anda bahwa tool ini akan membuat Anda keluar (sign out) dari Windows. Klik OK untuk melanjutkan.
  5. Setelah keluar dari Windows, Anda bisa masuk kembali dan watermark Test Mode seharusnya sudah hilang dari layar desktop.

Desktop

Windows 10 Pro 21H1
Command Prompt
Universal Watermark Disabler 1.0.0.6

Shares
"Tidak sedang berpuisi"
Notifikasi
Beritahu jika
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar